Kamis, 30 Mei 2019

Review KUMON Workbook: Melatih Motorik Halus Anak Usia Preschool

Assalamu'alaikum!
Ibu-ibu yang anaknya ada di usia pre-school atau toddler atau pra-TK, pasti mulai merasakan kalo anaknya butuh aktivitas di rumah. Apalagi bagi yang belum sekolah. Aku sebagai emak-emak rumahan jadi hobi cari printilan aktivitas anak deh.


Beberapa bulan lalu, aku coba-coba beli buku KUMON Workbooks nih. Kirain KUMON cuma ada belajar matematika, ternyata ada juga pendidikan anak usia dini yang bisa dibeli satuan. Sengaja aku cari buku yang usianya minimum 2 tahun (padahal Z sudah 3 tahunan), karena Z belum sekolah. Aku kuatir perkembangan motorik halusnya belum terlalu sempurna, karena mungkin kurang kustimulasi. Makanya pilih usia 2 tahun biar dia latihan dari awal.

Judul pertama yang kubeli adalah Let's Cut Paper! Kegiatannya adalah belajar menggunting. Ternyata Z seneng banget dan tiap hari nagih mau berkegiatan pakai buku itu.

Lalu sempat lihat ada diskonan di ELC, aku tambah beli 2 judul lainnya. Dan pernah ada diskon di Marketplace, nambah 2 judul lagi. Jadilah aku punya 5 buku aktivitas KUMON yang diperuntukkan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Ini dia...



Kumon First Steps Workbook: Let's Cut Paper!

Usia: 2 tahun ke atas
Aktivitas: Belajar menggunting
Isi bukunya sangat menarik, full color, dan dimulai dengan aktivitas menggunting sangat sederhana lurus dan pendek, hingga guntingan panjang, bentuk lengkung dan patah-patah. Bagi sebagian orang, mungkin melihat buku begini agak sayang karena per lembar hanya sedikit yang digunting. Tapi aku percaya Kumon ini sudah mempertimbangkan kemampuan anak usia dini ya, dan gambar-gambarnya pun dibuat sangat menarik. Misalnya memotong kertas bergambar gurita, sehingga kaki-kakinya bisa dilipat, memotong bentuk ular, dll. Di akhir buku, ada sertifikat untuk anak yang sudah menyelesaikan aktivitas 1 buku.
Harga: Rp 85.000

Ini contoh hasil belajar mengguntingnya kakak Z :D


Kumon First Steps Workbooks: More Let's Color!

Usia: 2 tahun ke atas
Aktivitas: Belajar mewarnai
Isi bukunya dimulai dengan kegiatan mewarnai sangat sederhana dalam bidang yang kecil. Misalnya mewarnai wortel, dimana tengahnya si wortel itu masih kosong. Tugas si anak adalah 'menambal' warnanya. Terlihat sangat mudah ya! Ibu-ibu ambisius mungkin berpikir, nih ngapain sih beli buku mahal-mahal, yang diwarnain kok dikit amat. Tapi (lagi-lagi) aku percaya ini caranya si Kumon menanamkan rasa confidence anak bahwa dia bisa menyelesaikan mewarnai dari tingkat yang mudah, tanpa frustrasi.
Harga: Rp 85.000






Kumon First Steps Workbooks: Let's Sticker & Paste!

Usia: 2 tahun ke atas
Aktivitas: Belajar Menempel
Di beberapa halaman awal, telah disediakan stiker untuk anak belajar percaya diri tempel menempel. Namun selanjutnya, orangtua harus mengguntingkan bagian dari worksheet untuk anak belajar menempelkan di bagian yang dituju.
Harga: Rp 85.000



Makin ke belakang, tugas menempelnya makin berat karena mirip seperti puzzle sederhana. Si anak harus mikir ditempelnya dimana. Kadang aku suka kelewatan intervensi sih, takut dia nempelnya ga bener hahaha. Padahal harusnya dibiarin aja ya. Akhirnya kakak Z aku arahkan menyusun dulu baru berikan lem setelah yakin tempat menempelnya benar.






Kumon My Book of NUMBERS 1-10

Usia: 2 tahun ke atas
Aktivitas: Belajar (pengenalan) angka
Anak-anak diperkenalkan bentuk huruf, menggambar mengikuti urutan huruf, dan tracing belajar menulis huruf.
Harga: Rp 115.000



Ini salah satu contoh isinya, menggambar sesuai urutan angka 1-10. Bertahap, dari yang hanya 1 ke 2, 1 ke 3, hingga 1 ke 10. Tuh yang gambar lumba-lumba adalah 1-8, sedangkan gambar payung 1-9.

Kumon My Book of LEARNING with CRAYONS 

Usia: 2 tahun ke atas
Aktivitas: Belajar menggunakan krayon dengan mencoret-coret, membuat garis / tracing
Harga: Rp 115.000, dibeli pas diskon di Toko**dia (KUMON Publishing INA) jadi Rp 92.000





Seru ya!!! Tapi entah mengapa si Z kurang tertarik dengan buku Crayon ini. Dia lagi suka angka-angka dan gunting-gunting. Nggak apa, mungkin memang sedang periode sensitifnya belajar angka dan latihan gunting-tempel :D 

Di petunjuknya, dianjurkan membatasi aktivitas per hari, misalnya sehari boleh aktivitas menggunting 2 lembar, menggambar 2 lembar, dst. Tetap akhiri aktivitas kalau sudah mencapai batasan lembarnya, walaupun anak masih ingin. Jadi anak merasa bersemangat besoknya untuk memulai aktivitas baru lagi.

Gimana? Lumayan kan aktivitas di buku-buku KUMON ini? Yang aku suka adalah isi buku-buku KUMON Workbook ini full color, ada petunjuk pembelajarannya di awal buku, dan ada sertifikat di akhir buku untuk anak-anak yang sudah menyelesaikan isi buku. 

Bagi yang mau nanya lagi, belinya dimana? Aku sempat beli di toko buku Paperclip, ELC, dan Toko**dia KUMON Publishing INA ya.

Buibu punya rekomendasi workbook apa nih buat anak-anak 3 tahun?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Would love to hear your thoughts ;)