Selasa, 07 Mei 2019

Operasi Lasik Mata Untuk Penglihatan Lebih Jernih

Assalamu'alaikum!

Orang bilang, mata itu jendela dunia. Tapi karena faktor keturunan atau pengaruh lingkungan, mata yang sehat bisa berisiko rabun - pandangan terlihat kabur pada jarak tertentu. Kebiasaan yang salah saat membaca, menonton TV, juga menggunakan komputer makin memperparah keadaan.

Bapake, berkacamata sejak SD. Liburan pun tetap harus bawa kacamata cadangan...

Penderita mata minus atau rabun dekat pasti sangat merasa ketergantungan pada kacamata atau lensa kontaknya. Seperti suamiku yang matanya minus (miopia atau rabun jauh), tiap pagi sering bingung mencari kacamatanya ada dimana - biasanya sih terjatuh di bawah kasur atau di balik bantal. Lalu tiap bepergian, dia harus membawa kacamata cadangan. Hal itu untuk berjaga-jaga kalau ada kondisi darurat kacamatanya pecah atau hilang. Nggak lucu 'kan kalau dalam perjalanan penglihatannya terganggu. Kacamata renang pun dia harus membeli yang khusus untuk mata minus.

Karena kecintaannya pada dunia aviasi dan pesawat terbang, pak suami sebetulnya menyimpan impian dalam hati: ingin sekolah pilot. Tapi, bagaimana dengan penglihatannya yang kurang sempurna akibat miopia? Tentu tidak bisa sekolah penerbangan.

Memang ada beberapa profesi yang mengharuskan penglihatan sehat tanpa kacamata. Beberapa di antaranya adalah pilot, tentara, dan petugas pemadam kebakaran. Rata-rata merupakan profesi yang membutuhkan kecekatan dalam keadaan darurat. Bagaimana kalau sudah terlanjur pakai kacamata, tapi punya cita-cita profesi tersebut?

Untungnya seiring dengan perkembangan ilmu kedokteran, sudah ada solusi untuk memperbaiki kelainan mata seperti mata minus, rabun dekat, dan mata silinder. Nama prosedurnya adalah LASIK. Nah, aku sudah cari info lebih lanjut mengenai LASIK dari Klinik Mata Nusantara (KMN EyeCare)

Apa itu Operasi LASIK

LASIK, yakni Laser Assisted In-Situ Keratomileusis, adalah tindakan medis yang menghasilkan penglihatan yang lebih baik bagi para pasien. Tindakan ini memanfaatkan laser untuk membentuk kembali kornea, yaitu bagian jernih dan bulat di bagian depan mata.

LASIK dapat memperbaiki kelainan refraksi misalnya: mata minus (miopia), rabun dekat/mata plus (hipermetropia), atau mata silinder (astigmatisme) dengan mengubah ketebalan dan kelengkungan kornea. LASIK adalah prosedur permanen yang dapat menghilangkan ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak.

LASIK konvensional masih menggunakan pisau mekanis, namun LASIK di KMN EyeCare tidak menggunakan pisau sama sekali, dan hanya menggunakan laser. Hasilnya tentu jauh lebih baik, lebih presisi dan akurat dibandingkan dengan LASIK konvensional.

Apakah prosedur LASIK menyakitkan? 

Berdasarkan testimonial pasien KMN EyeCare, tidak pernah ada keluhan yang mengatakan bahwa prosedur LASIK menyakitkan. Sebelum tindakan, pasien akan diberikan bius topikal berbentuk obat tetes mata, bukan suntikan. Pasien akan tetap sadar selama operasi berlangsung.

Apakah semua orang boleh melakukan LASIK? 

Beberapa pemeriksaan dilakukan sebelum tindakan LASIK, dan apabila ternyata pasien bukan kandidat LASIK, maka dokter mata tidak akan melanjutkan rencana tersebut. Ayo cek persyaratan pribadi berikut ini:
- usia 18 tahun atau lebih, 
- memiliki mata yang sehat, 
- penglihatan stabil, 
- tidak sedang hamil atau menyusui, 
- tidak menderita diabetes, 
- tidak menggunakan softlens selama 2 minggu sebelum operasi, 
- tidak menggunakan hardlens selama 3 minggu sebelum operasi. 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tindakan LASIK? 

Apabila semua berjalan sesuai rencana, maka operasi LASIK di KMN EyeCare hanya memakan waktu 20 menit mulai dari masuk hingga meninggalkan ruang operasi. Wah cepat juga ya!




Pasti banyak yang bertanya-tanya, kalau sudah operasi LASIK, apa bisa langsung beraktivitas? Ternyata justru pasien disarankan segera kembali melakukan aktivitas agar mata bisa beradaptasi dengan penglihatan yang baru. Tapi, ada beberapa hal yang harus dihindari misalnya debu, menggosok mata, olah raga ekstrem, dan menggunakan make-up. Debu atau air yang masuk ke mata dapat menyebabkan kita refleks menggosok mata, yang akibatnya dapat mengubah posisi flap dan mengganggu proses penyembuhan.

Berapa lama proses penyembuhan LASIK?

Umumnya ada beberapa efek pasca operasi, namun berbeda-beda juga pada tiap pasien: 
- 2-3 jam setelah prosedur, penglihatan agak berkabut dan ada rasa tidak nyaman; 
- 24 jam setelah prosedur, ketajaman penglihatan akan meningkat, tapi masih ada efek "lingkaran cahaya"; 
- setelah satu minggu, ketajaman penglihatan terus meningkat namun masih belum stabil; 
- setelah dua minggu dan seterusnya, pasien sudah dapat menikmati ketajaman penglihatan yang tinggi.

Biaya Operasi Lasik

Harga operasi mata, murah atau mahal tentu saja relatif. Kalau memang jangka panjangnya kehidupan akan lebih baik tanpa kacamata, go for it. Nabung dulu, anggaplah investasi. Ternyata, di Singapura, kisaran harga LASIK bisa mencapai Rp 50 juta. Belum lagi biaya penginapan, penerbangan, dan sebagainya. LASIK lebih terjangkau apabila dilakukan di Indonesia. Tinggal kita pilih rumah sakit mata yang berkualitas baik. 

Di KMN EyeCare, inilah biaya operasinya: 
Satu mata Rp 14.000.000,- 
Dua mata Rp 28.000.000,- 
Biaya pemeriksaan secara menyeluruh sekitar Rp 5.700.000,- 
Sehingga, biaya LASIK untuk dua mata kurang lebih Rp 33.700.000,-

Di periode tertentu ada promo lasik mata lho supaya lebih hemat. Kalau memang berminat, harus segera daftar karena promo hanya sampai tanggal 31 Mei 2019. Terlalu mepet? Tenang, setelah daftar, harga promonya bisa digunakan hingga 2 bulan.

Segera buat appointment ke KMN EyeCare yaaa kalau mau LASIK mata :)

Masih ragu untuk LASIK? Ada testimonial dari aktor Kevin Julio yang telah sukses operasi LASIK. Menurut Kevin Julio: "Setelah lasik, mata jadi sejernih resolusi 4k!" Awalnya, ia sering merasa tidak nyaman menggunakan kacamata dan lensa kontak, apalagi ketika beraktivitas olahraga seperti basket, renang, dan hobinya naik motor. Kevin akhirnya browsing rumah sakit mata terbaik di Jakarta lalu memutuskan untuk melakukan LASIK di KMN EyeCare. "Ternyata nggak sampai 30 menit operasinya sudah selesai. Dan setelah LASIK, penglihatan jadi jelas!" Malah sering kelupaan mau cari kacamata, padahal udah nggak butuh lagi hehehe.

Oke deh, setelah jelas info-info tentang LASIK, sekarang aku mau nawarin pak suami, siapa tau dianya berminat. Hihihi, kali aja mau mengejar impian terpendamnya untuk jadi pilot? Aamiin! 

Sumber bacaan: 
-->

23 komentar:

  1. Sebagai orang yang matanya minus, pengen banget deh dilasik biar nggak selalu pakai kacamata untuk melihat jelas. Tapi, harganya itu lho. Kudu nabung dulu kayaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa lumayan ya nabungnya. Kudu investasi hehehe. Sebanding sih ya sama benefitnya bener2 bebas dari kacamata..

      Hapus
  2. Aku dulu sempet browsing lasik juga buat kakak. Ga nyangka sih setelah itu bakal ngalamin mata minus dan silinder nambah. Huhuhu.. Gak nyaman pake kacamata dan gak pede lasik ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah semoga minus dan silindernya jangan nambah lagi yaaa

      Hapus
  3. Mamie aku yang diabetes juga sudah dua kali di operasi lasik. Operasinya berjalan lancar, singkat dan sampai sejauh ini tidak ada keluhahan. Penglihatannya berangsur menjadi jelas setelah operasi. Malah katanya kudung yang dikira ungu selama ini ternyata berwarna pink! hehehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah yaaa mbak Novie, jadi jernih banget penglihatan mamanya ya, kayak terlahir kembali hehehe

      Hapus
  4. Aku termasuk yang pengen tapi takut lasik. Takut prosedurnya sama takut biayanya. Hahahaha. Nabung dulu kali yaaaa :)

    BalasHapus
  5. Aku termasuk yang pernah kepikiran buat operasi lasik, soalnya setiap hari kerjanya di depan laptop dan kalau gapake kacamata benar-benar ga sanggup. Tapi pas tau kisaran biayanya, jadi ciut deh keinginannya hahahah. Kyaknya harus kerja lebih keras lagi buat nabungnya.

    BalasHapus
  6. Udah lama pengen banget dilasik karena minusku ya ga ilang-ilang udah pegel pake kacamata apalagi kacamat suka patah :D

    harganya mayan ya mba, btw baru tahu cuman 20 menit doang cepet banget. Dan itu syaratnya ga boleh pas hamil atau menyusui kenapa mba?

    BalasHapus
  7. Bapakku pernah operasi lasik tahun 2008 atau 2009 ya aku lupa, waktu itu biayanya mayan banget. Gak tau deh kalo sekarang berapa.

    BalasHapus
  8. Mataku sudah minus dua-duanya dan mulai terganggu sih kalau tidak pakai kacamata udah buram padahal jarak pandang masih terbilang dekat. Kalau mau lasik harus nabung dr skrg nih ya, biayanya lumayan mahal

    BalasHapus
  9. Wow ini rekomendasi buat mamaku mbak, dia takut banget dengan operasi Lasik, tetap setelah baca artikel ini ternyata aman dan nyaman.

    BalasHapus
  10. Mertuaku pernah operasi lasik ini Mbak, katanya nggak sakit sih cuma linu aja. Tapi obat tetesnya ada yang perih, jadi sedikit menganggu pas masa pemulihannya aja. Tapi enaknya operasinya cepet dan setelah operasi pasien bisa aktifitas seperti biasa nggak perlu dirawat di RS.

    BalasHapus
  11. Wah biayanya lumayan juga ya? Alhamdulillah minus aku nggak besar banget sih, masih di kisaran 2 jadi masih bisa dibantu dengan kacamata dan softlens. Adek-adekku tuh yang minusnya besar. Sempat ada wacana juga mau lasik cuma entah deh jadi apa nggak. Nanti aku infoin ini deh ke dia.

    BalasHapus
  12. Lumayan juga ya biayanya operasi lasik ni.... Agak takut juga aku

    BalasHapus
  13. Tim mata minus merapat. Jujur aku kepikiran banget pengen nyobain lasij tapi pas udh liat harganya wadidaw bgt ya kakkkk. Cuma ya itu enaknya tuh pas udh beres terang benderang deh

    BalasHapus
  14. Woow...harganya mashaAllah~
    Tapi memang banyak yang rekomen LASIK, apalagi minusnya yang uda kelewat tinggi.
    Tapi bahaya gak ya...kalau pasca LASIK kemudian melahirkan normal?
    Kan ada proses mengejan tuuh...

    BalasHapus
  15. kemarin sepupuku operasi LASIK juga di jakarta sekarang udah sehat gak pake kacamata, masih kecil dia baru SD

    BalasHapus
  16. Wow... harganya mantap banget. Wajar sih kan emang sangat penting ya kesehatan mata. Coba BPJS nanggung yak. Hahaha...

    BalasHapus
  17. cepet ya operasinya termasuk ringan berarti ya
    kalau urusan mata memang harus ke yang profesional udah.

    BalasHapus
  18. Waw. Indonesia udh makin kece ya. Harganya jg udh lbh masuk akal dibanding kt harus keluar negeri. Nice bgt. Semoga bisa membantu banyak org yg dah jenuh pake kacamata ya mba.

    BalasHapus
  19. Selama ini aku cm denger aja LASIK, tapi baru ngeh seluk-beluknya setelah baca penjelasan Mbak ini. TFS. Good news ini, berkat kemajuan teknologi kedokteran ya... Tapi emang kudu nabung banget biayanya...

    BalasHapus
  20. Aku kepikiran pengen lasik, tapi begitu tau harganya, baiklah aku mundur teratur dulu aja.

    BalasHapus

Would love to hear your thoughts ;)