Kamis, 11 April 2019

Survey Playgroup Rawamangun

Assalamu'alaikum! Kakak Z sekarang sudah berusia 3 tahunan. Sudah mulai senang berkegiatan, bisa duduk anteng beberapa menit. Dia selalu meminta adanya aktivitas. Sayangnya, seringkali ibu disibukkan oleh urusan rumah dan merawat adek, sehingga Z jadi cranky minta perhatian. Rasanya ini saat yang tepat untuk mulai menyekolahkan Z, supaya dia ada kegiatan, supaya punya teman, dan supaya ibu bisa me time barang sejam-dua jam (eh lupa, kan ada adek ya hahahaha).


Saat ditanyakan, apa Z sudah mau sekolah? Ia pun menjawab mau! Karena sebelumnya ibu sudah pernah membacakan buku cerita bertema masuk sekolah. Salah satu buku yang ibu bacakan yaitu "Charlie Chick Goes To School".

Maka dimulailah perjalanan kami survey berbagai playgroup di Rawamangun, lingkungan tinggal kami. Total ada 8 sekolah yang sudah kami (aku dan Z) kunjungi:
  1. Tunas Wiratama, Rawamangun Muka
  2. Little Nabawi, Cipinang
  3. Rodin, Jl. Gurame
  4. English Speaking Moslem, Jl. Gurame
  5. At Taqwa, Rawamangun
  6. Indonesia Montessori, Utan Kayu
  7. Al Azhar Rawamangun
  8. KB/TK Nuruddin, Jl. Cumi-cumi
Wah banyak ya! Z pun menikmati proses melihat-lihat sekolah ini, juga sempat ikut bermain di beberapa sekolah. Ini dia review singkat dan biaya masuk untuk tahun ajaran 2019/2020.

1. Tunas Wiratama

Ini salah satu sekolah yang kuincar, karena dulu aku pernah ikut kelas KeluargaKitaID di sana. Dilihat-lihat, kok sekolahnya menyenangkan. Kelasnya terbuka dengan sirkulasi udara yang baik, sistem sentra dan moving class, ada halaman bermain yang cukup luas, juga ada kolam kura-kura dan kandang kelinci.
Kelas playgroup, di lantai 2 dan tertutup

Kelas TK, sistem moving class ke sentra-sentra bermain/belajar (sentra rancang bangun, sentra bermain peran, sentra kreativitas, sentra bahan alam, sentra persiapan)

Ada jembatan dan kolam kura-kura... ini yang bikin ibuk naksir sekolahnya...



Namun ketika aku survey ke sana, agak kurang sreg dengan kelas KB yang terletak di lantai 2, ber-AC, dan tertutup sekali. Kalau kelas TK-nya sih terbuka tanpa AC, sistem moving class. Nah kalau bapake, berhubung pengennya sekolah Islam, dia jadi nggak sreg kalau daftar ke sini.

2. Little Nabawi

Ini sekolah incaran suami, karena kami berharap Z nanti SD-nya bisa di Nabawi. Namun seperti kabar yang beredar bahwa Nabawi ini sekolah mahal, aku cukup menelan ludah saat tau biaya preschool-nya.


Ruang kelas ber-AC, lantai parkit, mainan masih bagus-bagus dan bersih!

Playground outdoor-nya juga terlihat menyenangkan..
Ada harga ada rupa. Menjejakkan kaki ke dalam sekolahnya, terasa adem, nyaman, dan sangat bersih. Playground-nya juga luas, tertata apik, dan memang terlihat mahal. Z juga senang sekali waktu menjelajah sekolah Little Nabawi ini.



3. Taman Bermain Rodin

Di Rodin, selain ada taman bermainnya, juga ada daycare. Siapa tau sewaktu-waktu butuh menitipkan anak-anak di sini hehehehe.


Sekolahnya agak kecil, playground-nya berupa halaman rumah. Tapi kelebihannya, bisa masuk mulai kapan saja, dengan uang pangkal disesuaikan (misal masuk tengah tahun ajaran, ya bayar uang pangkal setengahnya). Ruang kelasnya sih terlihat bersih.

4. ESM (English Speaking Moslem)

Aku sebetulnya nggak tahu kalau ada TK muslim di situ. Taunya malah dari guru Rodin hahaha... Kami tanpa rencana pun langsung jalan ke ESM.

TK-nya tampak padat murid, dan kelihatannya sudah cukup lama berdiri. Kelasnya terlihat banyak tempelan bahan ajar membaca dan berhitung. Dan guru yang mengajak berkeliling, dengan semangat bercerita bahwa di ESM murid diajari membaca sejak dini, karena otak anak kecil masih sangat mudah menerima bahan pelajaran baru.

Hmmmmm agak berbeda dengan yang kuyakini sih, kalau anak belum benar-benar perlu belajar baca terlalu dini. Enaknya, di sekolah ini murid sudah sekalian dapat makan siang (disiapkan sekolah), jadi mereka belajar makan bersama-sama dengan tertib (dan ibu ga usah nyiapkan bekal). Tapi karena beberapa hal aku kurang sreg di sini.






Oiya di ESM juga bisa mulai di tengah tahun ajaran, dengan hitungan bayar setahun sejak masuk sekolah (misal bayar uang pangkal Feb 2019, berarti berlaku hingga Feb 2020).

5. Al Azhar YAPI Rawamangun

Datang ke sini Sabtu siang sama bapake. Ya tentu saja tutup, kan libur. Tapi terlihat sekolahnya besar sekali, dan sempat lihat pamflet biaya masuk TK Rp 21juta. Kalau playgroup yaaa sekitar segitu kurang dikit kali yaaa?



6. At Taqwa Rawamangun

Ini salah satu sekolah yang disetujui bapake (setelah Nabawi), karena beberapa anak teman kantornya ada yang bersekolah di sini. Arena bermainnya luas sekali. Sewaktu datang, Z ikut diwawancarai bu guru sebagai tes kesiapan masuk sekolah. Nggak seperti tes sih, hanya bermain-main sambil diobservasi bu gurunya. Ditanya jumlah, warna... Z banyak diem. Uh gemes juga, padahal Z udah hafal warna-warna dari sebelum 2 tahun (mamak sombonggg wkwkwkwkwkk). Tapi selowwww mak, namanya juga anak-anak ketemu orang asing, pasti masih malu-malu lah apalagi ditanya-tanyain mulu :p


Taman bermain, ada banyak mainan, juga pendopo untuk kegiatan anak-anak


Z diobservasi bu guru

7. Indonesia Montessori, Utan Kayu

Cukup tertarik ke sekolah berbasis Montessori, tapi ketika survei ke sana... duhhh ku tak sanggup perjalanannya T_T Masih agak jauh dari rumah, dan harus lewat jalanan macet (ah aku kok nggak setrong gini sih). Dapat daftar biayanya sih... Kalau ada yang penasaran, komen ya, nanti aku cari & foto dulu pamfletnya :))

8. KB/TK Nuruddin, jl. Cumi-cumi

Ini playgroup paling sederhana dari semua yang sudah aku survei bersama Z. Sangat dekat rumah, tapi malah terakhir disurveinya. KB/TK-nya kecil di perumahan, garasinya pun terpakai untuk belajar.


Fasilitasnya memang agak minim, mainan di halaman hanya ada 1 perosotan dan 1 ayunan. Ruang kelas playgroup sangat kecil, namun memang murid KB-nya baru 3 orang. Ruang kelas ber-AC, dan ada kamar mandi. Penting nih, buat yang pada sudah toilet training.

Uang pendaftaran Rp 2.000.000 dan SPP sekitar Rp 300ribuan per bulan.

---

Masih ada beberapa playgroup di sekitar Rawamangun yang belum aku kunjungi, misalnya Pelangi Alexandria, Al Azhar (belum tau detail harganya), dan Mentari Intelegensia. Tapi mamak sudah mumet @_@

Akhirnya, Z sekolah dimana?

Berhubung ibuk galau terus, lewatlah masa pendaftaran yang berdiskon besar :))) Tapi pada akhirnya, aku memilih untuk menunda sekolah. Nanti Z sekolahnya setahun lagi aja ya pas masuk TK. Rencana kalau nanti sudah makin nggak sanggup membersamai bocil belajar, cari kelas-kelas main yang sering ada di IG, atau ikut sekolah yang bisa masuk tengah tahun ajaran. Soalnya kalau dimasukkan sekolah sekarang, perjalanan menuju SD masih jauh, aku takut Z bosan dan mogok sekolah di tengah jalan.

Semoga review-reviewan ini bermanfaat buat buibu galau yang juga sedang cari sekolah. Minimal biar tau kisaran harga sekolah playgroup jaman sekarang. Ternyata dari yang murah sampe mahal semua ada, fasilitasnya juga beragam. Mana nih yang paling bikin sreg dihati?

2 komentar:

  1. بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمٰنِِ, الرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى.ِ



    الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى لَمْ يَتَّخِذْ وَلَدًا وَلَمْ يَكُنْ لَّهُۥ شَرِيكٌ فِى الْمُلْكِ وَلَمْ يَكُنْ لَّهُۥ وَلِىٌّ مِّنَ الذُّلِّ ۖ وَكَبِّرْهُ تَكْبِيرًا.



    الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ وَالْعَاقِبَةُ لِلْمُتَّقِينَ وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى مُحَمَّدٍ خَاتَمِ النَّبِيِّينَ وَعَلَى جَمِيعِ الْأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِين

    أَمَّا بَعْدُ



    Kata Allah mendengar suara atau perhiasan kaki wanita bisa bikin pria sange

    "...وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِن..."



    Kata Nabi Kita mencium bau parfum wanita bisa juga bikin pria sange

    " أَيُّمَا امْرَأَةٍ اسْتَعْطَرَتْ، فَمَرَّتْ عَلَى قَوْمٍ لِيَجِدُوا مِنْ رِيحِهَا فَهِيَ زَانِيَةٌ ".



    Ada lagi yang bikin pria sange, dari dialog Nabi Kita dan Istrinya yaitu, melihat kaki wanita

    " مَنْ جَرَّ ثَوْبَهُ خُيَلَاءَ ، لَمْ يَنْظُرِ اللَّهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ". فَقَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ : فَكَيْفَ يَصْنَعْنَ النِّسَاءُ بِذُيُولِهِنَّ ؟ قَالَ : " يُرْخِينَ شِبْرًا ". فَقَالَتْ : إِذَنْ تَنْكَشِفُ أَقْدَامُهُنَّ، قَالَ : " فَيُرْخِينَهُ ذِرَاعًا، لَا يَزِدْنَ عَلَيْهِ ".



    Lalu bagaimana pendapat Orthodox kita? Syaikh Muhammad bin Shalih bin Utsaimin berkata:

    "Mana yang lebih bikin pria sange dan lebih berhak ditutupi dan disembunyikan, kaki atau wajah?"

    http://binothaimeen.net



    Delicious banget, Kami satu logika nich sama Orthodox kita

    Sista pakai cadar ya, please! Bisa hancur planet kita kalau tidak!



    Kalo dilarang sama pak Erte, bilang aja gini

    "Sekarang teknologi udah canggih, gimana kalo wajahku difoto, terus diedit, terus ditempel di tiang-tiang listrik di malam hari yang sepi. Bisa malu 7 keturunan"





    Semoga الرَّحْمٰنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوٰى menunjuki jalan yang lurus yaitu jalan yang DELICIOUS, bukan jalan Yahudi atau jalan Kristen


    Bikin pria sange, apa kata Tuhan kita? Apa kata Nabi kita? Apa kata Orthodox kita? https://orthodoxlicious.blogspot.com/2019/04/bikin-pria-sange-apa-kata-tuhan-kita.html

    BalasHapus
  2. Assalammu'alaikum bun .. boleh minta daftar biaya indonesia montessori utan kayu bun ? Kebetulan saya lg cari sekolah anak dan lokasi tempat tinggal di utan kayu selatan .. trima kasih sblmnya 🙏

    BalasHapus

Would love to hear your thoughts ;)