Minggu, 30 September 2018

Tips Merawat Kulit Bayi dari Community Gathering With Ariston

Assalamualaikum!

Ada pengalaman lucu nih terkait urusan mandinya baby Z dulu. Kata bidan RS, memandikan bayi 'kan harus pakai air hangat. Suatu ketika si bayi pup di air saat dimandikan! Walah, buyar deh mandi air hangatnya. Banjir pup! Berhubung dulu belum punya water heater, nggak sempat merebus air lagi untuk menggantikan air hangat isi pup tersebut (antara mau nangis dan ketawa deh). Akhirnya bayiku langsung dibanjur air dingin dari keran... Byurrr! Duh kasihan kamu baby Z :p

Kalau punya bayi, selain urusan menyusui atau memberi nutrisi untuk bayi, masih ada urusan perawatan tubuh bayi yang perlu diperhatikan. Termasuk mandi. Kulit bayi yang masih sensitif tentu perlu perlakuan khusus. Di awal lahiran anak pertama, aku takut memandikan bayi lho. Badannya masih kecil dan terlihat lemah. Mau dicemplungin ke bak mandi bayi, takut pegangnya licin, takut airnya kepanasan, juga sebaliknya takut airnya terlalu dingin. 


Di event Community Gathering with Ariston Thermo Indonesia hari Sabtu, 7 September 2018 lalu, aku dan ibu-ibu lainnya belajar banyak mengenai perawatan kulit bayi dan jadi paham bahwa produk water heater Ariston dapat membantu ibu lebih mudah dan nyaman memandikan bayi. Acara inilah jawaban dari kekhawatiran ibu-ibu dalam urusan merawat kulit bayi :) Makasih udah diundang yaaaa, Mommies Daily!

Sumber foto: Instagram @mommiesdailydotcom
Event ini menghadirkan dr. Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV dari Indonesian Pediatric Dermatologist, Mr. Jacopo Guazzarotti, Marketing & Project Sales Ariston, Ms. Nina Fidyastuti Pratiwi, BM Ariston Thermo Indonesia, dan ibu muda selebriti Putri Titian. Apa aja sih yang dibahas?



Belajar Merawat Kulit Bayi Bersama dr. Srie Prihianti, SpKK, PhD, FINSDV, FAADV

Kalau mau cari info merawat kulit bayi, paling tepat ya ke spesialis kulit. Mengapa kulit bayi harus mendapat perlakuan khusus? Ternyata, kulit bayi lebih tipis 40-60% dibandingkan kulit dewasa. Ikatan antar selnya masih longgar. Perawatan kulit bayi dilakukan dengan tujuan mempertahankan fungsi utama kulit, mendapatkan kulit yang sehat, serta mencegah/mengurangi iritasi. Apa aja sih jenis perawatannya?
  1. Membersihkan: Badan, Rambut dan Kulit Kepala
  2. Melembabkan: Emolien, Skin Barrier Repair
  3. Proteksi: Sun Protection, Diaper Rash Cream
Dulu kupikir produk-produk perawatan bayi hanya sekedar marketing saja. Apa iya, bayi butuh segitu banyak produk untuk kulit? Setelah mendengar penjelasan dari dr. Srie Prihianti, aku baru paham, ternyata memang bayi memang butuh sabun khusus, pelembab khusus, dan krim khusus. Jadi menyesal deh dulu nggak terlalu memikirkan perawatan kulit kakak Z. Pasca lewat fase infant, skincare-nya hanya sabun bayi asal pilih di supermarket, tanpa pelembab. Sekarang kulitnya kering sekali, mudah teriritasi.

Untuk membersihkan tubuh bayi, pilihlah body wash dan shampoo khusus bayi. Perlu diingat bahwa banyaknya busa tidak berkorelasi dengan daya membersihkan. Makin banyak busa, makin tinggi risiko untuk menimbulkan kerusakan kulit. Maka sebisa mungkin pilih sabun non SLS/SLES. Dan untuk shampoo, pilih yang tidak pedih di mata.

Pelembab kulit bayi diperlukan karena fungsi kulit bayi belum maksimum. Apalagi untuk tipe kulit kering yang mudah terkena eczema. Sedangkan Diaper Cream, fungsinya untuk mencegah dan mengurangi iritasi pada bagian yang biasa tertutup popok, biasanya mengandung zat zinc oxide. Kenapa krimnya kental sekali? Karena tujuannya agar pipis dan pup nggak langsung bersentuhan dengan kulit sehingga menyebabkan kemerahan pada pantat bayi. 

Dr. Srie juga memberikan beberapa tips untuk memandikan bayi:
  • Di negara tropis, mandi dilakukan 2x sehari karena kulit terkena keringat dan debu.
  • Mandi pertama kali tidak langsung dilakukan, tunggu sampai tanda vital stabil dalam 2-4 jam.
  • Vernix caseosa / Lemak-lemak bayi dibiarkan saja, tidak perlu dibersihkan, nanti akan hilang sendiri. Di dalam rahim, 9 bulan bayi dilindungi lapisan vernix caseosa agar tidak keriput walau ada air ketuban. Lapisan ini membantu regulasi suhu, mempertahankan kelembaban, menjadi proteksi infeksi dan penyembuhan luka.
  • Mandi rendam: jumlah air harus cukup sehingga seluruh tubuh bayi terendam, agar suhunya konstan, membantu pengaturan suhu dan mengurangi evaporasi.
  • Pastikan suhu air sesuai dengan suhu tubuh bayi, yakni sekitar 36-37° karena kulit bayi belum bisa meregulasi suhu tubuh layaknya orang dewasa.
  • Mandikan bayi tidak terlalu lama, dan segera hangatkan tubuh bayi setelah dimandikan. Bayi biasanya menggigil setelah diangkat dari air mandinya.
Informasi dari dr. Srie di event ini sangat bermanfaat buat aku yang kini punya bayi newborn lagi :) Yang pasti, aku jadi makin mantap untuk selalu memandikan bayi dengan air hangat.

Nah, sekarang, gimana caranya supaya lebih mudah mandi air hangat?

Mau Pasang Water Heater Tapi Takut Boros?

Pertanyaan ini pasti ada di benak ibu-ibu yang mempertimbangkan ingin pasang water heater namun takut biaya listriknya mahal. Tenang ibu-ibu... Tahun 2017, Ariston bekerja sama dengan Nielsen melakukan penelitian tentang perilaku konsumen Indonesia terhadap penggunaan pemanas air. Dari penelitian, ditemukan bahwa penggunaan air panas bagi masyarakat Indonesia merupakan suatu kebutuhan, apalagi untuk keluarga yang baru memiliki bayi. Namun kebanyakan masih merebus air daripada menggunakan pemanas air (water heater).

Sebetulnya jika dihitung lebih cermat, pengoperasian kompor gas untuk mendidihkan air juga membutuhkan biaya lho.

Perbandingan Water Heater 15 liter vs Kompor Gas

Biaya per hari: Water Heater Rp 2.559,- dan Kompor Gas Rp 3.839,-
Biaya per bulan: Water Heater Rp 76.776,- dan Kompor Gas Rp 115.170,-
* Asumsi per kWh = Rp 1.467,28 (Harga PLN 2018)
* Pemakaian 15 liter x 2 kali mandi (2 orang)

Ariston Thermo Indonesia hadir dengan ragam jenis produk yang dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat Indonesia. Merk asal Italia ini memiliki beberapa produk unggulan yaitu:

Atas: Ariston Andris Lux, bawah: Ariston SLIM

SLIM 20 dan SLIM 30
  • Daya listrik rendah (350 watt)
  • Kapasitas air lebih besar (20 liter dan 30 liter)
  • Desain compact seperti AC, dapat mengemat ruang di kamar mandi
  • Terdapat lampu indikator untuk menginformasikan pengguna saat air panas siap digunakan
  • Khusus SLIM 30 memiliki tangki ganda dengan sistem pemanas terpisah, sehingga dapat mempercepat proses pemanasan
ARISTON ANDRIS LUX
  • Heating element dilapisi enamel agar tidak mudah diselimuti sedimen akibat endapan yang terdapat di dalam air. Dengan lapisan Incoloy Enamel, heating element mencegah kalsium menempel pada heating element sehingga proses pemanasan lebih efisien.
  • Teknologi flexomix membuat temperatur air yang keluar lebih stabil karena air dingin yang masuk tidak langsung tercampur dengan air panas.
  • Buatan Italia dengan standar keamanan tinggi yang telah disertifikasi internasional.
  • Harga mulai Rp 2.730.000,-
Atas: Ariston FAST-R, bawah: Ariston Andris AG+

ARISTON ANDRIS AG+
  • Mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur pada tangki pemanas air hingga 80%
  • Teknologi Silver Ion AG+ mengurangi pertumbuhan bakteri seperti E.Coli, Salmonella, Legionella, jamur, dll. sehingga air tetap bersih dan bebas penyakit
ARISTON FAST R
  • Gas Instant Water Heater
  • Dilengkapi fitur keamanan tambahan yang mencegah nyala api ketika tidak ada aliran air, mematikan unit pemanas secara otomatis ketika suhu air terlalu tinggi, dan menghentikan aliran gas secara otomatis untuk mencegah kebocoran gas
  • Mampu memanaskan air secara cepat 

Aman Nggak Sih Pakai Water Heater?

Mr. Jacopo dan mbak Nina menjelaskan, kalau pakai Ariston, tentu aman ya. Karena produk-produk Ariston asal Italia ini sudah memiliki standar keamanan tertinggi dan mendapatkan sertifikasi internasional (CE). Dengan pengalaman lebih dari 80 tahun, pemanas Ariston nggak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Kalau sudah memutuskan memasang water heater, pertimbangkanlah kebutuhannya seperti apa. Berapa orang yang butuh mandi air hangat? Pilih kapasitas air yang cukup. Listrik di rumah maksimal berapa watt? Bagaimana kualitas air yang mengalir di rumah? Faktor-faktor ini dipertimbangkan, agar nanti puas dengan produk yang dibeli. Makanya Ariston punya banyak jenis produk ya.

Testimonial Pengguna Ariston: Putri Titian

Menurut Putri Titian, ibu muda cantik yang memiliki putri berusia 1.5 tahun ini, mandi air hangat dapat membuat bayi lebih nyenyak tidurnya. "Tidur malamnya jadi lebih panjang kalau sorenya dimandikan air hangat." Putri Titian juga menggunakan produk Ariston di rumahnya.

Nah kebetulan aku memang sudah pakai produk Ariston lebih dari setahun. Sejak kejadian bayi mandi pup, plus kerepotan merebus air untuk bayi dan suami yang sering kecapekan pulang kerja malam lalu ingin mandi air hangat, dipertimbangkan kami membeli water heater Ariston tipe SLIM 30. Efeknya, air hangat selalu tersedia kapanpun ada yang butuh. Entah buat mandi, membersihkan bayi, sampai untuk mengisi kantong kompres air hangat.

Meski kamar mandinya kecil, pemanas airku nggak menuh-menuhin tempat 'kan?

Maka ketika anak kedua lahir, urusan mandi bayi pun terasa mudah. Tinggal siapkan bak, isi air hangat, lalu mandikan bayi deh. Kemudahan seperti ini tentu membuat ibu lebih bahagia dan nggak stres mengurus bayi, hihihihi...

Ini adek habis dimandikan air hangat lho... Langsung ngantuk dan senyum-senyum...

Setelah mengikuti Community Gathering with Ariston ini, aku jadi merekomendasikan ibu-ibu agar menambahkan Water Heater Ariston sebagai wishlist saat mempersiapkan kebutuhan mandi bayi. Karena dari segi keamanan dan efisiensi energi, produk Ariston sudah teruji. Plus, meringankan tugas ibu, gak perlu rebus air. Karena namanya ibu-ibu sih pasti masih banyak kerjaan yang lain yaa..

Kalau ibu-ibu lainnya, udah pakai water heater belum?