Selasa, 15 Mei 2018

Menikmati Superfood Indonesia dengan Herbilogy

Assalamu'alaikum!

Sesungguhnya postingan super telat ini sudah ngendon di draft sejak tahun lalu >_< Sejak momen berusaha hamil, beneran hamil, hingga jadi ibu menyusui, aku jadi sadar banget pentingnya gizi yang cukup demi kesehatan ibu. Apalagi ketika hamil dan menyusui, nutrisi ibu 'tersedot' oleh si bayi. Beruntung sekali aku bisa ikut acara Blogger Gathering Herbilogy pada hari Selasa, 18 Juli 2017. Acara ini membuka mataku terhadap gaya hidup sehat dengan nutrisi seimbang, salah satunya melalui ekstrak tanaman 'superfood' khas Indonesia. 


Wait... Indonesia punya superfood? Ternyata banyak, lho! Dulunya aku kira, superfood itu hanya ada di tanaman impor seperti biji chia seed, ikan salmon, dan makanan mahal lainnya. Ternyata definisi superfood lebih luas dari itu. Superfood adalah tanaman dengan berbagai manfaat kesehatan seperti antioksidan, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Memakan superfood berarti mengurangi risiko penyakit kronis, memperpanjang umur, dan menjaga kelangsingan tubuh ideal.



Pada acara Blogger Gathering bersama Herbilogy, kami sebagai peserta disuguhi berbagai macam sajian cantik dari bahan-bahan yang sehat, diramu dengan ekstrak superfood Herbilogy.

Herbilogy merupakan makanan super (superfoods) extract powder pertama di Indonesia, sebagai bahan tambahan untuk melengkapi menu makan. Herbilogy tidak menggunakan pewarna, perasa, pemanis tambahan, pengawet atau bahan kimia berbahaya lainnya.

Talkshow Kesehatan

Pada event kali ini, ada talkhsow dari Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK. Beliau mengatakan, “Orientasi masyarakat Indonesia dalam mewujudkan hidup sehat umumnya masih terbatas pada kegiatan olah raga dan diet yang kebanyakan tujuan utamanya hanyalah menurunkan berat badan, sementara mereka kurang pengetahuan akan pentingnya gizi seimbang dalam diet sehat yang benar. Padahal asupan nutrisi yang berimbang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah timbulnya penyakit.”

dr. Samuel lebih lanjut menjelaskan bahwa untuk pemenuhan gizi seimbang, seseorang perlu mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan setiap individu – tanpa meninggalkan aktivitas fisiknya.

Kurangnya pemahaman akan pola konsumsi dan gaya hidup yang sehat, serta kesibukan tinggi dengan tingkat stress yang cukup tinggi, yang umumnya dijalani oleh penduduk urban, telah memicu pergeseran pola penyakit katastropik dan penyakit degeneratif seperti ginjal, diabetes, jantung, hipertensi dan sebagainya. Duh serem deh kalo udah mikirin penyakit kronis seperti itu *mendadak gak pengen makan mi instan...

Apa Sih Herbilogy Itu?

Debora Gondokusumo, owner Herbilogy, meluncurkan Herbilogy yaitu superfood dari bubuk ekstrak tanaman alami pertama di Indonesia. “Semua bermula dari pengalaman hamil anak pertama. Saya menjadi lebih paham betapa asupan makanan sehat dan alami berperan penting dalam menentukan kualitas tumbuh kembang anak sejak berada di dalam kandungan, dan betapa tanaman juga memiliki zat-zat aktif yang bermanfaat, tidak kalah efektifnya dari zat kimia,” cetusnya penuh semangat.



Saat itu Debora juga kerap mendengar permasalahan yang dihadapi oleh para sahabat seperti sulitnya mencari daun katuk untuk kelancaran ASI, tantangan dalam mempertahankan nafsu makan anak, bagaimana memelihara daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, meningkatkan metabolisme, dan masih banyak lagi. “Saya sangat ingin menemukan solusi praktis, alami serta aman bagi mereka yang sadar akan pentingnya kesehatan tetapi kurang memiliki pengetahuan dan akses terhadap makanan sehat alami yang berkualitas dan dapat dipercaya.”

Superfood yang ia luncurkan merupakan makanan tambahan (pelengkap/suplementasi), dan bukan pengganti makanan. Suplemen ini mengandung zat aktif atau nutrisi yang tidak terdapat dalam makanan sehari-hari, sehingga menambah nilai manfaat bagi tubuh.

Moms bisa melihat varian yang tersedia di website Herbilogy ya, ada superfood yang bermanfaat untuk antioksidan seperti kulit delima, untuk penurunan berat badan seperti Green Tea Extract atau Green Coffee Extract, untuk ibu menyusui seperti Daun Katuk, hingga untuk berbagai manfaat kesehatan lainnya.

Demo dan Praktek Membuat Sajian Sehat

Bloggers dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tantangan dari Chef Eddrian Tjhia. Kami semua mendapat resep untuk dipraktekkan di tempat, berupa smoothie bowl, dessert dan minuman segar. BTW, semuanya menggunakan ekstrak Herbilogy untuk menambah nilai nutrisinya dan pastinya pakai bahan-bahan sehat lho!




Hasil kreasi kelompok kami di demo pembuatan sajian sehat Herbilogy
Seru yaaa acaranya! Dulu pas event ini, masih belum hamil anak kedua sih, tapi alhamdulillah jadi bekal ilmu. InsyaaAllah nanti mau cari Herbilogy daun katuk nih buat persiapan ASI booster ^_^ Nanti bisa dimasukkan ke smoothies juga, buat nambah motivasi makan sayur dan buah.

Kamu suka bikin smoothies? Asik juga lho 'diselipkan' ekstrak Herbilogy buat nambah nilai gizinya :D