Kamis, 16 Maret 2017

Puas Main di Batu Secret Zoo

Assalamu'alaikum, teman-teman...
Bulan lalu, baby Z pergi ke Batu Secret Zoo lho bersama bapak ibu dan eyang-eyangnya :D Masih dalam rangka pengenalan hewan, plus sekalian kami pulang kampung ke Surabaya, melipirlah kami ke kota wisata Batu. Prediksi awal, kami bakal menghabiskan waktu maksimal 3 jam di Batu Secret Zoo. Eh ternyata objek wisata ini luas banget, masya Allah. Kami berkeliling sampai hampir magrib hehehe.


Harga tiket masuk Batu Secret Zoo adalah Rp 120.000 untuk dewasa pada akhir pekan, dan ada potongan 30% untuk hari kerja. Dengan harga itu, pengunjung bisa masuk ke Museum Margasatwa dan Batu Secret Zoo. Konon pengunjung nggak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam tempat wisata, tetapi kalau makanan bayi sih bisa lolos kok.
Museum Margasatwa
Pertama, kami memasuki Museum Margasatwa. Ternyata di awal-awal, kami disambut beberapa 'art' seperti di Trick Eye Museum. Karya seni yang ditujukan untuk foto-foto gembira dengan efek 'wow', misalnya seperti terbang atau seperti duduk di belalai gajah.


Selanjutnya, kami disuguhi dengan patung binatang-binatang dengan diorama alam bebas. Entah binatang tersebut patung, atau binatang sungguhan yang sudah diawetkan, karena postur dan bulunya mirip banget dengan binatang aslinya. Binatangnya lengkap banget! Sejujurnya, saking lengkapnya aku sampai bosan, bertanya-tanya kapan ini keluarnya :p Suasana museum indoor ini agak gelap, sehingga baby Z agak bosan. Tapi di museum ini ada mushola yang bersih, layak digunakan kalau sudah waktu sholat.


Salah satu koleksi di insektarium, Museum Margasatwa

Berikutnya, kami memasuki Batu Secret Zoo. WOW! Ini dia yang ditunggu-tunggu! Tempat wisata edukatif outdoor! Baby Z langsung semangat lagi, karena dia suka banget di luar ruangan :p

Ada tikus raksasa di sini. Bisa nemu nggak? Tuh kelihatan ekornya... segede kucing! Hiii....
Setting kebun binatangnya, tampak bersih dan modern yaaa...
Happy grandma, grandpa, son, hubby, and of course, me!
Kami disambut beraneka ragam monyet yang lucu-lucu, hewan aneh-aneh seperti capybara (mirip berang-berang), kuda nil pygmi, rangkong, dan banyak lainnya. Hewan kecil seperti paduan kelinci dan kancil, hingga hewan besar seperti gajah, ada lho.

Monyetnya mengingatkan kami pada... Einstein!

Woooowww, kawanan flamingo!

Ada beberapa bagian kebun binatang yang kami skip, tidak kami lewati, karena hari sudah mulai sore. Kami memutuskan nggak masuk aquarium karena baby Z sudah pernah ke aquarium, biar lihat hewan darat aja. Selain itu aquariumnya indoor, kami sudah bosan wisata indoor di museum margasatwa sebelumnya.

Ternyata di dalam Batu Secret Zoo ini ada theme park aneka permainan, gratis! Banyak mainan yang memacu adrenalin (biasanya permainan diputar-putar di ketinggian) dan mainan anak-anak seperti kereta-keretaan. Bahkan ada waterpark GRATIS!! Eh tau gitu harusnya datang ke sini dari pagi ya, bawa baju renang buat bocah. Dijamin seru seharian. Sayang kami pun harus melewati waterpark ini begitu saja, karena sudah jam 4 sore. Batu Secret Zoo tutup jam 5 sore.
Waterpark gratis yang tampak cukup seru, kalau saja waktunya ada, hiks...
Ada wahana yang WAJIB dicoba, yaitu Safari Farm. Pengunjung bisa naik kereta traktor, berkeliling safari dengan hewan yang dibiarkan bebas. Pengunjung juga bisa beli makanan hewan untuk diberikan ketika safari berlangsung. Sayang, karena waktu itu wahananya sudah hampir tutup, stok makanan hewannya habis. Beberapa binatang besar seperti bison dan jerapah juga sudah masuk kandang. Tapi lumayan sih, kami sempat melihat unta, rusa, zebra, dll. Penumpang traktor heboh banget jerot-jerit ketika memasuki wilayah unta. Tanpa segan-segan si untanya melongok-longok mendekati traktor, cari makanan hihihi. Pokoknya seru banget deh Safari Farm. Kalau bisa jangan sore-sore yaaa supaya hewannya masih belum masuk kandang.

Ternyata setelah Safari Farm masih ada wahana naik perahu... Namun lagi-lagi karena kami sudah kesorean, capek dan lapar, kami buru-buru cari jalan keluar. Padahal tampak seru sekali, naik perahu di antara kawanan burung pelikan.

Numpang lihat petugas memberi makan burung pelikan

Tuh perahunya datang...
Kami sempat membeli cemilan di dalam Batu Secret Zoo, yaitu kentang goreng dan takoyaki. Takoyakinya kurang enak kalau dibandingkan yang di mall. Pilihan lainnya ada hotdog, donat, dll, pokoknya fast food deh.

Jujur aja sih, rasanya belum puas main di Batu Secret Zoo. Harus seharian di sana untuk dapat pengalaman semua wahananya. Kapan-kapan sepertinya harus diagendakan ke sini lagi. Serius deh, ada objek wisata sebagus ini di Indonesia, rasanya bangga :') Edukasi dapat, seru-seruan dapat. Udaranya pun sejuk karena di kota Batu.

Oiya omong-omong tentang udara dingin, tips pakai baju ibu dan anak untuk ke Batu Secret Zoo:

  1. Kalau bisa sih pakai celana, karena mungkin mau naik wahana-wahana tertentu. Kalo pake rok gak bisa manjat-manjat :p Yah minimal kalo mau syar'i, tetap pakai celana yang longgar di dalamnya gamis.
  2. Pakai kerudung yang nyaman. Aku kemarin pakai kerudung satin, meskipun agak tebal, ternyata malah hangat. Beli aneka scarf muslim mudah, sudah banyak dijual online. Kalau yang printed scarf bisa di atas 200 ribu, kalau yang kupakai jenisnya pattern scarf, jauh lebih murah. Eh kok jadi ngomongin kerudung wkwkwkkw.
  3. Buat anak-anak, sebaiknya bawa baju renang dan baju ganti, karena banyak wahana seru di sini.
  4. Pakai celana panjang. Baby Z celananya kependekan, jadi kakinya dingin hehehe kasihaaan. 
  5. Sepatu harus nyaman! Karena jalannya lumayan panjang. Beli sepatu anak laki-laki harus pilih yang solnya cukup tebal, karena batita sedang belajar jalan dan lagi aktif-aktifnya.
OOTD sama bayek. Muka udah kucel habis lari-lari ngejar bocah hahahaha....
Akhir kata, Batu Secret Zoo sangat aku rekomendasikan buat dikunjungi! Nggak usah jauh-jauh cari theme park di luar negeri. Negeri sendiri udah punya objek wisata keren seperti ini :') WAJIB naik Safari Farm-nya yaaaa buibuk! Trus kalau mau sepi dan murah, datangnya pas weekdays. Tapi kebetulan banget pas aku ke sana hari Sabtu, kok ya lumayan sepi.

Ada yang punya rekomendasi tempat liburan asik lainnya buat rame-rame sekeluarga? Share yaaa :D