Rabu, 20 September 2017

5 Hal Yang Wajib Dilakukan Saat ke Manado

Assalamu’alaikum pembaca!
Bukan rahasia kalau Indonesia menyimpan kekayaan alam dan budaya yang sangat indah. Di antara ribuan pulau yang dimiliki Indonesia, ada Sulawesi yang belum pernah kukunjungi. Ada kota menarik apa sih di Sulawesi?


Manado, ibu kota Sulawesi Utara, adalah salah satu kota yang wajib dikunjungi di Sulawesi. Pada Bulan Oktober mendatang, akan ada rangkaian festival mulai dari Gelar Tarian Selendang Biru, Manado Easter Show, Manado Cantate, Internasional Choir Festival, Manado Extreme Adventures Tourism, Internasional Trail Running dan Hasher Internasional di Kawasan Hutan Lindung Gunung Tumpa Manado. (Sumber: travel.detik.com) Menarik, bukan?

Nah, kalau kamu mau berwisata ke kota Manado, hal apa aja sih yang wajib dilakukan di sana? Ini dia 5 Hal Yang Wajib Dilakukan Saat ke Manado :)


Menyelam dan Snorkeling di Taman Laut Bunaken

Salah satu kebanggaan Indonesia adalah keanekaragaman hayati lautnya. Taman Laut Bunaken, yang terletak di Kecamatan Bunaken, Kota Manado, merupakan salah satu taman laut terbaik di dunia. Ada 3 pulau yang termasuk di dalam taman nasional ini, yaitu Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Naen, Pulau Siladen, serta Pulau Mantehage dan anak pulau di sekitarnya.
Sumber: twisata.com

Sumber: seputarsulut.com

Taman laut ini dapat ditempuh dari pelabuhan Manado dalam waktu 50 menit menggunakan perahu motor, atau hanya sekitar 35 menit dengan speed boat. Bersiap-siap untuk melihat terumbu karang warna-warni dan ribuan spesies ikan di dalam lautnya. Beberapa jenis biota laut yang dapat ditemui antara lain ikan marlin, hiu, kakap, barakuda, kerapu, angel fish, kuda laut, gurita, ikan pari, hingga ikan purba Coelacanth. Seru banget ya kalau bisa menyelam atau snorkeling di Bunaken!

Tur Ekologi ke Gunung Mahawu atau Gunung Tumpa

Setelah puas main di laut Sulawesi, para wisatawan bisa mencari suasana yang berbeda dengan mendaki gunung Mahawu. Bagi kamu yang hobi melakukan pendakian, bersiaplah karena di atas gunung, kamu bisa melihat kawah yang sangat indah seperti ini.
Sumber: travel.kompas.com
Lihat lebih dekat, kawahnya sangat indah!
Sumber: Tripadvisor - Safari Manado
Selain Gunung Mahawu, ada juga Gunung Tumpa sendiri dapat dicapai 30 menit dari kota Manado. Dari atas bukit, kita bisa melihat pulau-pulau di laut Sulawesi, salah satunya Bunaken. Gunung Tumpa juga tempat yang indah untuk melihat matahari terbit dan matahari terbenam. Selain itu, bagi penggemar olahraga ekstrim, lokasi gunung ini cocok untuk paralayang.
Sumber: Tripadvisor - Peter Van Der Giessen

City Tour di Kota Manado

Belum lengkap berkunjung ke suatu kota tanpa melakukan “city tour”. Salah satu lokasi yang perlu dikunjungi di kota Manado adalah area Boulevard. Terletak di tepi pantai hasil reklamasi, jalanan ini memiliki berbagai kafe dan pusat perbelanjaan.

Sumber: lihat.co.id
Di ujung Boulevard, terdapat Jembatan Ir. Soekarno, jembatan yang menjadi salah satu ikon wisata di Kota Manado. Di jembatan ini, pengunjung bisa melihat suasana laut serta kapal-kapal yang singgah dan berlayar. Pada malam hari jembatan juga menjadi area yang popular untuk berfoto karena cahaya lampu yang indah.

Kuliner Manado

Beberapa kuliner khas Manado yang layak dicoba adalah Bubur Manado (Tinutuan), Mie Cakalang, Sambal Roa, dan aneka kuliner seafood yang harus dicoba karena lokasi tepi pantai artinya ikan segar. Bagi yang suka ngemil, Panada bisa jadi pilihan. Roti yang berbentuk mirip pastel ini berisi abon ikan, aku suka sekali! Sebuah panada cukup untuk menahan lapar di saat jam ngemil tiba.

Beristirahat di Hotel Nyaman di Manado

Berbagai chain hotel ternyata juga ada di Manado untuk menjamin kenyamanan para tamunya. Pasti teman-teman sudah nggak asing lagi dengan nama-nama hotel terkenal seperti Swiss-Belhotel, Four Points by Sheraton, Novotel, Mercure, Aston, Ibis, Best Western, hingga Aryaduta. Nama-nama hotel tersebut menjadi jaminan kualitas pelayanan dan kenyamanan ketika menginap di sana. Harganya pun relatif jauh lebih murah dibandingkan harga hotel yang sama di pulau Jawa. Jadi mumpung di Manado, boleh lah menginap di hotel berbintang :) Selain hotel tersebut, masih banyak juga pilihan hotel lokal lainnya dari yang budget hingga resort.

Kalau teman-teman berminat traveling ke Manado, pesan tiket pesawat dan hotel jadi lebih mudah lewat Traveloka. Harganya lebih murah daripada membeli tiket dan hotel terpisah. Begini nih tampilannya. Praktis 'kan?



Sebelum membuat list wisata di Manado ini, aku belum kepikiran untuk pergi ke sana. Ternyata setelah dituliskan, cukup banyak ya yang bisa dilakukan di Manado! Malah jadi kepingin menginjak tanah Sulawesi dan berwisata di Manado. Nanti tunggu baby Z agak besar dan bisa renang, mau ajak dia lihat ikan dan batu karang di Bunaken :D Kepingin juga mencicipi bubur Manado asli di sana. Kalau kamu berkesempatan pergi ke Manado, apa yang paling ingin kamu lakukan?