Jumat, 25 Agustus 2017

Selang-seling Kegiatan Anak (Family Project #11)

Assalamu'alaikum!

Masih dalam Tantangan 10 Hari kelas Bunda Sayang yang kuikuti sekarang mengenai Family Project, pada akhirnya ketahuan deh kalau project keluarga kecil kami fokusnya ada pada kegiatan anak :)

Di usia Z menjelang 21 bulan, dia lagi giat belajar bicara, rasa ingin tahunya makin tinggi, inginnya eksplorasi segala macam. Sekarang dia lagi suka buka kunci pintu sendiri, naik mobil sendiri tanpa dibantuin, dorong-dorong stroller ke taman (bukan naik stroller hahaha), dan masih banyak lagi.
Tentunya butuh perhatian ekstra buat ibuk yang sehari-hari di rumah sama Z. Kerjaan rumah seringkali terbengkalai karena Z maunya ditemani main :)) kalau kepepet ya disambi mengerjakan sama Z. Tapi ngerjakan aktivitas bareng juga bermanfaat buat Z 'kan, sebagai sarana ia belajar.

Kemarin Z sudah main aktif banget di IKEA. Jadi hari ini ibu putuskan kami di rumah aja. Lumayan, Z bisa tidur siang hingga 2 jam di rumah.

Lalu kegiatan lainnya apa aja?



  1. Kalau ibu masak, Z naik dingklik dan... Mainan garam! Garam dapur dituang-tuang wadah saru ke wadah lain. Biarlah, belajar motorik tuang menuang yaaa...
  2. Tadi bapake berpesan, ibuk tolong panasin mobil. Sekalian aja deh ajak Z yang senang banget main setir. Z sudah ngerti sih ia gak boleh pencet-pencet tombol, hanya mainin setir aja. Sambil Z setir-setir, ibuk pun benerin pagar yang plastik fibernya copot. Kerajinan tangan deh ibuknya, pasang-pasang kabel tis :p Main setir-setir ini sepertinya bisa memperkuat otot kanan yaaa dan mengasah insting kanan-kiri (ah bisa aja ya emaknya Z ini hahaha)
  3. Menyiram tanaman, 70% Z yang pegang selang. Ibu hanya kebagian nyiram tanaman yang di atas pagar karena Z gak sampai. Hobi banget main air, naaak... Selain kegiatan disambi-sambi di atas, Z juga main:
  4. Tool kit mainan, beli di IKEA. Memperkenalkan alat-alat bertukang ke Z. Ada palu, paku, sekrup, obeng, semuanya aman buat mainan anak. Latihan motorik pukul-pukul ulir-ulir, latihan koordinasi mata dan tangan. Udah lama ibu pengen beliin mainan model gini.. eh pas kemaren ke IKEA kok ternyata ada. Z main ini sekitar 15 menit, hari ini sudah 2x main. Lumayan kaaan...
  5. Main rel kereta Thomas, tanpa keretanya. Jadi setelah ibu rakitan relnya, ibu bermain kereta pakai jari aja. Gak pakai kereta. Berimajinasi seolah ibu pegang kereta. Ehh ternyata Z ngikutin :D Dia ketawa heboh ketika aku menabrakkan tanganku ke tangan Z, "Waa tabrakaaan, duk duk duk dukkkk..." Seneng banget lho kalau anak udah bisa berimajinasi, nggak harus pakai mainan beneran hahaha... *Mainan Thomas yang pakai baterai, baterainya boros banget cyin! *Lagipula di teori Montessori, sebaiknya mainan itu minim baterai, tingkatkan kreativitas aja daripada main yang bunyi-bunyi / jalan sendiri pakai baterai
  6. Main 'tulis-tulis' (coret-coret krayon ala Z), main jual-jualan gelas warna. Kegiatan ini suka ibu mainkan sama Z yang udah mulai peka terhadap warna. Warna merah, kuning, hijau, biru, ungu, pink, coklat, hitam, putih, orens... Alhamdulillah Z udah bisa membedakan di akhir umur 20 bulan.
---
Semoga kegiatan hari ini cukup menstimulasi kecerdasan dan rasa ingin tahunya Z yaaa...
Alhamdulillah bapake juga pulang dinas malam ini :)
#kuliahBunsayIIP #Tantangan10Hari #MyFamilyMyTeam #Level3 #Day11