Kamis, 24 Agustus 2017

'Playground' Gratis di IKEA Untuk Toddler (Family Project #10)

Assalamu'alaikum! Hari ini bapake masih dinas, tapi ada kakung sama uti yang datang dari Surabaya. Tujuan kakung uti mau ke Mangga Dua dan IKEA untuk mencari beberapa barang kebutuhan usahanya di Surabaya. Dapat dipastikan dengan tujuan tersebut, pulangnya malam. Aku dan Zaki diajak menemani, karena kalau nggak ikut, kapan lagi ketemu kakung utinya. Tak lupa aku bawa cemilan yang banyak buat Z: sereal sebagai camilan, roti bakar, nasi dan lauk seadanya buat bekal kalau kepepet.


Alhamdulillah di jalan Zaki cukup kooperatif. Meski macet hampir 2,5 jam ke Mangga Dua, kami menikmati perjalanan dengan melihat aneka kendaraan dan bangunan, plus Z sempat tidur 1 jam. Di Mangga Dua pun ternyata Z bisa menikmati. Kalau bosan, mulai deh main naik turun eskalator sama kakung.

Sampai di IKEA, hari sudah sore banget. Uti masih harus cari banyak barang untuk keperluan kantornya di Surabaya. Aku putuskan kami berpisah aja, aku dan Z ke bagian mainan anak-anak, kakung uti cari barang belanjaan.

Woalaaah ternyata di bagian mainan anak, Z senang bukan main! Segala boneka dipeluk satu-satu. Tenda dimasukin. Kursi kecil didudukin. Main masak-masakan. Main kasir-kasiran (kalkulator kasir dijejer-jejer). Merangkak di terowongan. Hampir 2 jam rasanya ibuk nemenin Z main di sana :D

Alhamdulillah Z ga minta beli mainan. Juga ga minta bawa pulang mainan apapun. Dari kecil memang Z gak diajarin konsep 'ayo beli mainan di toko mainan', tapi lebih ke 'silakan main-main di toko mainan' (khusus mainan yang dipajang yaaa).

Aku belajar teknik ini dari kakak ipar sih. Anaknya ga pernah tantrum karena minta beli mainan di toko mainan. Di mindset si anak, toko mainan bagaikan playground. Mau mainin ya main di toko aja.

Jadi aku coba juga deh, dari jaman Z kecil, aku sukanya beli mainan pas nggak ada Z. Nanti mainan tersebut diberikan ke Z di rumah. Kalau ke toko mainan, sebut saja ELC yang mainannya mahal-mahal itu, kubiarkan saja dia main bebas di permainan yang dipajang buat contoh. Sampe puas deh! Pernah pengalaman lihat Z main seru banget salah satu mainan, lalu kubelikan aja, ehhh sampai rumah nggak dimainin. Hiks =_="

Oiya, karena dia suka mainin barang di toko mainan, kadang ditawarkan beli pun si bocil ngga mau lho. 
"Mau beli ini nggak Z?" 
"Endaaakkk..." 
"Kalau yang ini?"
"Endaaaaaaaakkk..."

Pernah juga kejadian dia kutawarkan mainan di toko, ehhh malah merajuk minta beli 2 mainan yang sama persis. "Dua!!! Samaaa!!!" Katanya. Karena dia lagi suka ngumpulin barang-barang 'kembar' di rumah, misalnya botol sampo yang sama, lalu balok-balok yang sama, dll. Yah masa ibu beli 2 mobilan yang sama T_T Akhirnya ya gak kubeliin, tapi Z jadi marah-marah keingetan mainan satunya yang nggak jadi dibeli. Lha wong mainannya sama :))) Ibu gak beliin lah.

Balik lagi ke kisah main hari ini di IKEA, alhamdulillah Zaki seneng banget mainnya! Puas! Apalagi hari ini weekdays, IKEA lumayan sepi. Kalau weekend, pasti rame rebutan mainan sama anak kecil lain. Serunya di IKEA, semua mainan yang dijual ada yang dipajang dan boleh dimainkan sesuka hati. Zaki main semua ini:


MOTORIK KASAR
1. Main keluar masuk terowongan tenda dengan merangkak. Merangkak ini bagus lho buat latihan keseimbangan, pengaruhnya baik juga ke salah satu bagian otak (lupa nama bagiannya, nanti dibrowsing lagi).
2. Naik turun kursi dan kasur pajangan :p


MOTORIK HALUS
1. Main memasukkan bentuk balok ke rumah-rumahan kayu
2. Pencetin segala macam tombol yang bisa dilihat (di kompor-komporan, di mainan mesin kasir)



ROLE PLAY (Kreativitas & Imajinasi)
1. Main masak-masakan (gak cuma anak cewek kan yang boleh masak? Anak cowok juga harus bisa masak lho, karena lifeskill!)
2. Main kasir-kasiran


Seru banget ya nak di IKEA! Nanti gedean lagi bisa main di Smaland di lantai dasar, tempat buibuk bisa nitipin bocah 30 menit hehehe. Kalau sekarang sih masih belum bisa, karena Z pasti nyariin emaknya :D

PS: Karena tampaknya Z kecapekan main, bobok malamnya jadi sering kebangun-bangun terus... Ibuknya harus ngelonin terus deh :D Besok istirahat yaaa naaaak... Besok bapak pulang dinas ^^

#MyFamilyMyTeam #Tantangan10Hari #Day10 #Level3 #KuliahBunsayIIP