Selasa, 22 Agustus 2017

Kegiatan Sederhana (Lagi) Untuk Toddler (Family Project #9)

Assalamu'alaikum!

Beberapa hari terakhir ini, aku dan Z banyak menghabiskan hari di rumah saja. Selain karena sekarang tiap pagi ada bu ART pulang pergi (bersih-bersih dan menyetrika), juga karena sepertinya tiap weekend kami terlalu banyak aktivitas dan perjalanan sehingga butuh recharge istirahat di rumah selepas weekend.

Kegiatan Rumahku, PAUD-ku sederhana saja. Kegiatan sehari-hari seperti ini, yang kalau aku pikir-pikir, sepertinya banyak manfaatnya juga :D

1. Lepas pasang Stiker - Bukan Permainan Biasa!

Ibu punya stok stiker dinding dari tahun 2013 yang belum ditempel-tempel juga. Kelebihannya stiker dinding, kalau ditempel dimanapun nggak meninggalkan bekas lem. Cocok banget lah buat menyalurkan hasrat Z yang pengen tempel-tempel.

Untuk anak seusia 21 bulan seperti Z, sepertinya masih terlalu dini untuk mengajarkan estetika tata letak stiker. Jadi ibu biarin aja dia nempel sesukanya, meskipun ditempelnya tumpuk-tumpuk. Dalam hati ibu pun gemes pengen mengarahkan supaya posisi nempelnya agak bagusan dikit, tapi ibu tahan-tahan hahahahaaa.


Sesungguhnya ketika dia bisa pasang stiker dengan arah yang benar (lem stiker di bagian permukaan yang mau ditempel), itu adalah sebuah pencapaian lho! Jadi kegiatan tempel menempel ini mengajarkan koordinasi mata dan tangannya, juga sebab akibat: kalau aku pegang bagian lengket di bawah, maka stiker akan nempel lemari. Tapi kalau salah arah, nempelnya di tangan.

Z juga akhirnya suka lepas-lepasin stiker yang udah ditempel. Lagi-lagi kegiatan ini merupakan pembelajaran. Ketika tangannya berhasil melepas stiker (latihan menggunakan otot pincer grasp), diapresiasi lah sama ibu :D

2. Menyiapkan Makanan: Memeras Jeruk dan Oles Selai

Usia toddler, anak pengen melakukan apapun yang dilakukan orang dewasa! Daripada menganggap anak gangguin ibunya menyiapkan makanan, sekalian aja diajak menyiapkan sama-sama.

Z ikutan coba memeras jeruk dengan pemeras jeruk (1 set dari baby food maker). Dia tekanlah jeruknya di wadah pemeras. Setelah 2 menit ibu yang lanjutkan memeras, karena Z masih belum bisa 'gerakan memutar jeruk' ketika menggunakan alat peras. Z pun jadi lebih lahap minum sari jeruknya karena ikut merasakan proses pembuatannya.

Selai roti pun jadi bahan kegiatannya Z. Daripadabingung meladeni Z yang pengen gadoin selai coklat/kacang, diajak aja deh oles-oles selai di roti. Bocahnya hepi benerrr dapat tugas oles-oles. Meski hasilnya ga rapi (bahkan gumpalan hanya ada di tengah roti, gak diratain hihihi) tapi dia terlihat berbinar makan rotinya (lebih tepatnya jilatin selainya sih wkwkwk). Di situlah tugas ibuk untuk meratakan selainya :p

3. Mencuci Kursi Makan di Halaman

Kalau ini sih sambil menyelam minum air... Ibu butuh bersihkan kursi makan Zaki, dan Zaki suka semprot-semprot air dari selang :D lifeskill, latihan bersih-bersih yaaa nak!

4. Bermain Outdoor: Main Perosotan dan Lari-lari di Taman

Aktivitas fisik macam ini membantu Zaki supaya tidurnya lebih cepat :p Energinya dihabiskan dulu, supaya malamnya ketika dikelonin cepat bobo dan ibu bisa ngeblog hahaha...

5. Menjejerkan Segala Macam Benda

Di umur 21 bulan ini, Zaki hobi bangeeet jejerin segala sesuatu. Dari sandal & sepatu, mobil-mobilan + kereta-keretaan, dan malam sebelum tidur habis dibacakan buku cerita, bukunya pun dijejer :)

Bapak bagian apa dalam Family Projectnya? Bapak bagian menyapa di video call karena sedang dinas luar kota :D

#kuliahBunsayIIP #Tantangan10Hari #level3 #Day9 #MyFamilyMyTeam