Sabtu, 05 Agustus 2017

Advan G1 Pro, HP Lokal Kualitas Internasional

Kalau kamu sedang cari smartphone, fitur apa sih yang dibutuhkan? Harga yang terjangkau? Kamera yang bagus untuk memotret bahan ngeblog? Atau prosesor yang nggak nge-lag meski dipakai untuk berbagai aplikasi dan nge-game? Gimana kalau kamu butuh ketiganya?


Berhubung aku suka ngeblog, pertimbangan utamaku dalam memilih HP, sejujurnya adalah kameranya. Meski sekarang sedang ngetren kamera mirrorless untuk teman bersosial media, tentunya kita tetap butuh kamera HP yang siap sedia kapan pun dan dimana pun. Nggak ribet buka cover lensa, menyalakan, dan mentransfer gambar untuk dimasukkan ke HP.

Pertimbangan kedua, budget. Sebagai ibu rumah tangga yang kudu cermat mengelola keuangan, nggak lucu deh kalo aku beli HP berjuta-juta rupiah hanya untuk produktivitas yang nggak sebanding dengan harganya. Mending duitnya buat beli popok anak dan beli makanan di rumah ye kaaan (biar bisa nyicipin makan steak wagyu atau sushi hahaha) :p

Pertimbangan ketiga, adalah prosesor. Minimal ROM-nya 2 GB deh. Itupun sudah mepet. Karena meski nggak banyak meng-install game, aplikasi kebutuhan sehari-hari seperti Whatsapp, Instagram, dan email, kadang-kadang tetap butuh storage yang besar.

Kali ini aku berkesempatan untuk berkenalan dengan smartphone Advan G1 Pro. Dengan banderol sekitar Rp 1,7 jutaan, ternyata HP produksi dalam negeri ini memiliki kualitas yang bagus lho! Dari kamera dengan megapixel yang cukup tinggi plus fitur-fitur asik (nanti diceritakan di bawah), hingga RAM 32 GB dan ROM-nya yang 3 GB!

Kamera yang Berkualitas

Nah ini dia yang diincar: kamera untuk mengabadikan momen-momen spesial (kebanyakan sih buat motretin bayek! Ahahaha!). Kamera belakang G1 Pro menggunakan Samsung 13 Megapixel chip dan 5P Largan lens yang juga digunakan di Apple. Lensanya sudah dilapisi AF coating, sehingga foto lebih tajam dan bersih.

Sedangkan kamera depan G1 Pro memiliki kualitas 8 Megapixel, dengan chip Samsung 4H8. Hasil foto selfie pun bisa jernih dan natural. Cocok ya buat yang suka selfie, terutama beauty blogger yang seringkali butuh update tampilan makeup-nya. Meski saya bukan beauty blogger, tapi kadang suka iseng selfie hanya demi fitur “tebak umur” yang biasa ada di kamera depan HP, wkwkwk… Siapa yang suka begini juga?


Oiya, fitur unik pada kamera G1 Pro sangat membantu dalam proses editing. Di kamera depan, terdapat aplikasi built in Beauty Selfie agar foto terlihat lebih cantik. Tidak hanya di kamera, G1 Pro juga memberikan efek Beauty pada Video Recording. Uniknya lagi, foto dengan background blur ala kamera SLR juga bisa dihasilkan cukup dengan kamera HP Advan G1 Pro. Penting banget ini! Kalau nggak sempat bawa kamera, cusss ambil G1 Pro aja buat foto bokeh :D

Kemudahan lain yang bisa dirasakan pengguna adalah Tap To Shoot, untuk mengambil foto dengan cepat tanpa mengubah posisi tangan, cukup dengan menyentuh fitur sidik jari pada smartphone. Canggih nggak tuh?

Sistem Keamanan yang Terjamin

Dengan harga Rp 1.7 jutaan, ternyata Advan G1 Pro sudah memiliki built in enkripsi sidik jari, sehingga hanya pemilik yang bisa melakukan unlock pada smartphone. Menurutku sih fitur ini sangat penting ya, karena kalau unlock dengan kode-kode kadang aku suka malas… butuh waktu beberapa detik. Sedangkan kalau dengan fingerprint kan nggak sampai 1 detik, HP sudah dapat digunakan.

G1 Pro juga memiliki fitur privasi pada perangkatnya, yang terbilang cukup unik dan bermanfaat, terutama bagi kamu yang suka meminjamkan HP ke teman. Males banget ‘kan kalau HP diutak atik, isi SMS atau isi galeri foto dilihat. Berikut adalah beberapa fiturnya:

1. XLocker Perlindungan Ganda
Face Unlock: bisa membuka aplikasi cukup dengan melakukan scan wajah. Contoh aplikasi: foto, gambar, SMS, kontak, aplikasi seperti Whatsapp, dan lainnya.


Intruder Selfie: bisa diam-diam memotret wajah orang yang berniat mengintip aplikasi yang sudah dikunci tanpa ijin, tanpa ketahuan si pengintip. Kalau teman kamu iseng, HP ini bisa jadi sarana buat kamu tegur teman kamu langsung biar gak iseng lagi!

2. Sistem Privasi
: Pernah gak sih, sebagai orang tua takut kalau anaknya buka hal yang aneh-aneh di HP kamu? Apalagi anak sekarang cepet mengerti yang namanya menggunakan smartphone. Sistem privasi ini memungkinkan adanya ruang rahasia yang eksklusif dimana pengguna dapat menyimpan kontak pribadi, SMS, gambar, video, aplikasi dan lainnya. Dengan memasukkan kode tertentu dan men-dial, terbuka deh ruang privasi, cuma kamu yang tahu!

Selain itu,nama dan nomor kontak pribadi bisa dikamuflase sehingga panggilan masuk atau SMS dari kontak tertentu akan ditampilkan sesuai pengaturan penyamaran. Hmmm, bermanfaat banget ya kalau kita lagi jadi bodyguard-nya presiden atau artis *eh…

3. Guest Mode: Kadang ada momen dimana teman bilang, “Eh, pinjem dong HP-nya!” Rasa was-was timbul karena ada hal pribadi tersimpan di HP. Jangan kuatir, terdapat mode untuk membagi ruang di G1 Pro sebagai pemilik atau Guest, sehingga privasi tetap terjaga saat meminjamkan smartphone pada orang lain

4. Enkripsi Data: melindungi data dengan sistem enkripsi sehingga hanya bisa dibuka oleh penerima yang dituju. Menurutku keamanan data ini sangat penting terutama bagi kita yang suka melakukan transaksi online alias olshopan :D

Hiburan Musik yang Jernih

Meski aku jarang menggunakan fitur musik, tapi ini ada bonus untuk pecinta musik. G1 Pro dilengkapi dengan Loudspeaker dengan teknologi Chip Smart yang menghasilkan suara keras, indah dan jernih. Terdapat pula sistem Shake to Play, yang merupakan sistem unik untuk memudahkan pengguna mendengarkan musik. Sangat mudah, cukup goyangkan perangkat untuk berpindah lagu.

Aplikasi yang Membantu pada G1 Pro

Beberapa aplikasi bawaan sangat membantu kinerja dan produktivitas penggunanya.

Power Saving: sangat membantu menghemat daya agar baterai G1 Pro tahan lama.

Picture in Picture: pengguna bisa lancar beraktivitas sambil menonton video dimana saja dan kapan saja meskipun membuka aplikasi yang lain.

Health Guard: aplikasi yang bisa memantau penggunaan perangkat sekaligus sebagai pengingat untuk selalu menjaga kesehatan

Penampilan yang Stylish

Di tahun 2017 ini, yang aku perhatikan, tren smartphone terlihat lebih stylish dengan bodi metal. Begitu pula dengan Advan G1 Pro. Kualitas bahannya kokoh, detilnya pun rapi. Hasil display G1 Pro sangat memuaskan setara dengan AMOLED. Benar-benar nggak kelihatan seperti HP budget.


Product Summary

Bagi kamu yang mempertimbangkan untuk membeli Advan G1 Pro, berikut ini spesifikasinya:


Untuk handphone lokal dengan spesifikasi di atas dan fitur yang sangat lengkap, kualitasnya sangat oke, kan? Makin bangga deh dengan produk-produk Indonesia. Harganya pun terjangkau. Advan G1 Pro di banderol Rp 1.799.000 dengan semua manfaat yang bisa didapatkan. Kalau kamu berkesempatan coba handphone Advan G1 Pro ini, fitur apa sih yang paling bikin penasaran?