Senin, 12 Juni 2017

Komunikasi Produktif Day #8 - Clear and Clarify

Assaalamu'alaikum,
Hari ini, berhubung tukang masak (baca: saya) telat bangun sahur, orang serumah juga pada kebablasan nggak sahur. Gara-gara kemarin tidur terlalu malam sepulang dari bukber nun jauh di sana, tidur jadi pulas banget, alarm pun nggak dengar.

Imbasnya puasa jadi agak lemas dan kepalaku sakit sekali, mungkin karena kurang gizi hahahha...

Buat hemat energi (dan mumpung libur), suami pun tidur sore lamaaaa sekali. Susah sekali kubangunin. Sampai aku ngomel-ngomel banguninnya karena sudah masuk waktu sholat ashar, mau minta tolong kirim takjil ke masjid. Tapi makin aku bangunin dengan ngomel, suami makin ngomel juga sambil narik selimut. "Iyaa bangunin 5 menit lagi," katanya. Di sini, lupa banget menerapkan komunikasi produktif :( Pada akhirnya dia bangun sih, tapi bete. Ya untungnya beberapa menit kemudian berangkat sholat dan hilang bete-nya.

Sorenya kami buka puasa di rumah mertua. Suami rencana pengen sholat tarawih di masjid raya beberapa kilometer dari rumah mertua sementara aku menunggu di rumah. Tapi sakit kepalaku makin menjadi, mau ngajak pulang aku nggak enak, masa mau menghalangi ibadah T_T Kalau aku, Ramadhan ini selalu tarawih di rumah karena aku dan bocil sedang flu berat, plus jam ngelonin bocil.

Suami yang lihat aku bersandar loyo, nanyain, "Yak, mau langsung pulang aja atau nunggu aku sholat tarawih? Kamu yang tau kondisi badanmu lho..."

Aku bisa aja sih bilang, "Terserah kamu..." Atau "Menurutmu gimana lho??" Sambil berharap perasaan sakitku dimengerti oleh suami. Tapi, kuputuskan untuk bilang, "Pulang aja yuk? Pingin istirahat di rumah, bocil juga udah ngantuk. Kamu nggak papa tarawih di rumah?"

Akhirnya kami pun pulang. Makasih yaa pak suami, hari ini mengalah demi istri... Untuk bicara sama laki-laki, memang nggak bisa sekedar kasih kode-kode lalu berharap dimengerti. Lebih baik bicara jelas dan gamblang inginnya bagaimana, tentu dengan intonasi yang baik yaaa :)

#level1
#day8
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayIIP