Rabu, 17 Mei 2017

Review Comfi Breathing Pillow: Serius Bantal Bisa Napas?

Assalamu'alaikum bloggers...

Ibu-ibu pasti pernah mengalami betapa sulitnya bikin bayi tertidur. Sudahlah susah ditidurkan, eeeh bangunnya cepat banget. Kadang butuh nyusu, kadang ganti popok, kadang kepanasan. Beberapa bayi sepertinya tahan udara dingin. Walau pasang AC suhu paling rendah, masih aja terbangun tidak nyaman karena berkeringat kepanasan :D Hayooo bayi siapa yang seperti anak eskimo begini?


Akupun mengalami masa-masa ketika kepalanya baby Z selalu berkeringat basah ketika tidur. Sampai tiap tidur ada bagian seprai yang basah membulat di sekitar kepalanya. Dulu aku sempat cemas, keringat berlebih ini normal atau enggak. Tapi ternyata wajar kok, bagian kepala bayi memang suhunya tinggi, karena perkembangan otak di awal-awal tahun kehidupannya begitu pesat.


Pentingnya Tidur Untuk Bayi dan Anak

Proses tidur terdiri dari 2 tahap, Non-REM dan REM. Pada tahapan tidur tidur dalam (Non-REM), aktivitas otak masih terus berjalan. Fase Non-REM berperan penting dalam perbaikan sel-sel tubuh dan produksi hormon pertumbuhan yang mempengaruhi pertumbuhan batita. Sedangkan pada tahapan tidur aktif (REM), metabolisme otak berada pada tingkat paling tinggi sehingga berpengaruh pada restorasi atau pemulihan emosi dan kognitif bayi dan batita.


Ada penelitian terhadap anak umur 8 tahun yang dianalisa dari pola tidur sejak umur 2 tahun. Hasilnya menunjukan bahwa anak yang cukup tidur: lebih dari 62% tidak akan memiliki problem berkonsentrasi dan > 81% tidak memiliki problem sifat agresif. Terbuktilah bahwa selain nutrisi dan kasih sayang, tidur yang cukup merupakan salah satu kunci agar anak sehat, pintar dan bahagia.

Keamanan, Kenyamanan, dan Kesehatan dari Sebuah Bantal Tidur

Sejak menyambut kelahiran bayi, selain kasur bayi, ibu pasti menyiapkan bantal sebagai perlengkapan tidur si kecil. Umumnya newborn menggunakan 'bantal peyang', bantal dengan lubang di tengah untuk menjaga posisi kepala bayi. Namun nggak sembarang bantal yang berlubang di tengah efektif untuk mencegah peyang lho. Yang terpenting adalah orang tua selalu membetulkan posisi kepala bayi supaya nggak terus-terusan menghadap satu sisi. Karena sisi yang paling sering ditidurkan, risiko 'peyang'-nya (flat head) makin tinggi.

Yang berbahaya bagi newborn adalah posisi tidur tengkurap karena ia belum punya kontrol leher dan kepala. Dikhawatirkan, saat tidur tengkurap, hidungnya tertutup sehingga bayi sulit bernapas tapi nggak bisa balik badan sendiri. Baru tahu ada produk Comfi Breathing Pillow yang dibuat dengan teknologi tinggi sehingga teksturnya berpori, breathable. Kalaupun tidur menghadap bantal, bayi masih bisa bernapas.

Di event Tokopedia Official Store - BalitaKita, akupun baru tahu kalau ketinggian bantal yang baik adalah untuk menyangga agar posisi kepala sama seperti ketika kita berdiri. Nggak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Makanya kalau salah posisi bantal, kita sering mengeluh karena leher pegal, 'kan? Ternyata bantal Comfi untuk anak bisa dimasukkan insert lagi lho untuk menyesuaikan ketinggian yang nyaman buat tidurnya. Baru tahuuu ada bantal model begitu.

Selain itu, dari segi kesehatan, sebuah bantal ternyata bisa menjadi penyebab alergi lho. Karena seperti kasur, bantal juga bisa menjadi sarang tungau. Tungau bisa merajalela karena ketika tidur, tubuh kita melepasan sel-sel kulit mati, makanan favorit tungau tuh. Alangkah senangnya kalau bantal bisa dicuci. Nggak semua bantal bisa dicuci lho, ada bahan tertentu yang akan rusak kalau terkena air. Proses menjemur tanpa cuci pun nggak efektif untuk membasmi tungau. Ternyata bantal Comfi washable, bisa dicuci, bahkan airnya akan mengalir karena tekstur bantalnya yang berpori. Bye bye tungau, deh!

Review Bantal Comfi untuk Anak

Setelah menghadiri acara Tokopedia Official Store - BalitaKita, aku berkesempatan mencoba Comfi Breathing Pillow untuk baby Z. BalitaKita merupakan Sole Principal Distributor produk bantal Comfi, the first breathable and washable pillow in the world. Sumpah penasaran banget sih dengan bantal ini, karena beberapa kelebihannya seperti:
  1. Bantal pertama di dunia dengan teknologi 3-D Knitting. Memiliki rongga sehingga nggak bikin kepala anak kepanasan
  2. Kalau anaknya tidur tengkurap, tetap bisa bernapas karena ada rongga di bantal
  3. Mudah dicuci dan dikeringkan
  4. Anti tungau

Sarung bantal bawaan Comfi pun berongga agar memaksimalkan sifat breathable-nya
Penampakan bagian dalam bantal Comfi. Bisa dicuci lhooo...

Slogan Comfi adalah “The first breathable and washable pillow in the world". Akupun membuktikan dengan tidur tengkurap menghadap bantal. Ehhh beneran tetap bisa bernapas lho! Amazing deh :D

Namun sayang... sepertinya baby Z belum bisa memakai bantalnya. Begini ceritanya.

Sebetulnya sejak baby Z berusia 3 bulanan, dia tidur nggak pakai bantal lho. Karena aku putus asa dengan bantal peyang yang sering basah, lalu seringnya aku menyusui sambil tiduran yang posisinya nggak pas kalau baby Z pakai bantal, plus posisi tidurnya yang sering berubah sehingga kepalanya ada dimana, bantalnya ada dimana -_-" Jadi ada berbagai macam alasan mengapa sudah lebih dari setahun baby Z terbiasa tidur tanpa bantal.

Sehingga ketika aku coba pakaikan bantal Comfi setelah Z tertidur, 15 menit pertama tidurnya anteng. Eh menit berikutnya posisi Z sudah berubah sampai kepalanya menjauh dari bantal. Padahal ukuran bantal Comfi sangat lebar lho dibanding bantal-bantal balita yang pernah kulihat di toko. Ini sih karena gaya tidur bayinya aja yang nggak bisa diam. Dari ujung kasur ke ujung lainnya -_-"

Setelah 15 menit, kepalanya sudah menjauh dari bantal -_-"
Hari kedua, aku coba pakaikan bantal lagi sebelum Z tertidur. Sambil menyusui, Z nggak tidur-tidur. Lalu dia duduk dan bilang "nggak mau" sambil menunjuk bantal. Ahhhh antara pingin ketawa dan patah hati ibumu nak, nggak mau pakai bantal idaman emakmu ini hehehe. Sudah kebiasaan nggak pernah pakai bantal sih dalam 15 bulan terakhir.

Tapi tenang, jangan putus asa. Beberapa bulan lagi Z akan berumur 2 tahun. Perlahan Z akan disapih ibu. Meskipun ibu juga sedih kalau momen menyusui segera berakhir, tapi ibu percaya nanti Z bisa tidur sendiri tanpa harus diketekin ibu :') Nanti kalau waktu itu datang, badan Z juga semakin besar, Z pasti butuh bantal untuk teman tidur supaya lebih nyaman. Ibu sih percaya bantal Comfi ini bakal cocok karena kualitasnya memang bagus.

Buat ibu-ibu yang penasaran dengan bantal Comfi (terutama kalau anak memang sudah terbiasa pakai bantal), bisa di-search dimulai dari Tokopedia. Comfi Breathing Pillow eksklusif dijual di Official Store BalitaKita di Tokopedia.

Belanja di Official Store Tokopedia BalitaKita lebih aman untuk pembeli karena BalitaKita (www.tokopedia.com/balitakita) memiliki hak merk untuk menjual produk original Comfi, juga produk bayi lainnya seperti sterilizer, alat makan, hingga gendongan bayi dengan merk populer. Tersedia juga pilihan untuk cicilan, sehingga belanja jadi lebih mudah.

Gimana, penasaran untuk mencoba Comfi Breathing Pillow?