Senin, 08 Mei 2017

Berani Bilang "Iya, Boleh!" Untuk Bereksplorasi

Assalamu'alaikum buibuk...

Long weekend yang lalu, aku dan Z berkesempatan datang di acara Nestle DANCOW Explore Your World. Acara persembahan Nestle Dancow Advanced Excelnutri+ ini diadakan di mall Kota Kasablanka, dengan tema "Dukung Bunda dan Ayah Katakan "IYA BOLEH" untuk Explorasi si Kecil."

Z heboh bermain lego di area Smart City
Saat tiba di tempat acara, aku penasaran dong, kenapa kok rame banget. Kenapa juga pakai tajuk "IYA BOLEH" segala. Ternyata, di sini ada beberapa permainan yang mengasah kemampuan si Kecil. Dengan berbagai aktivitas ini, Dancow bermaksud mendukung para orang tua untuk bilang "IYA BOLEH", silakan bereksplorasi. Karena si Kecil sudah terlindungi dengan nutrisi yang cukup, kasih sayang orang tua, dan stimulasi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Sadar nggak sadar, kita sebagai orang tua suka sedikit-sedikit melarang anak. Mau main di taman, nggak boleh, takut kotor dan kuman. Padahal 'kan nggak papa asalkan setelah main, anak cuci tangan yang bersih. Mau hujan-hujanan? Nggak boleh, takut basah dan sakit. Padahal 'kan nggak papa asalkan anak sudah makan (perutnya nggak kosong), lalu setelah main hujan, anak bisa mandi air hangat dan ibu siapkan baju yang bersih.

Iya juga ya. Aku suka melarang Z untuk hal-hal sepele, misalnya main perosotan di taman yang seringkali berlumpur, atau sekedar main genangan air. Z sudah bukan bayi lagi, dan perlu banyak bereksplorasi untuk menstimulasi kecerdasannya.


"Eksplorasi adalah bagian dari stimulasi. Kegiatan stimulasi bisa dilakukan di lingkungan sekitar rumah, ruang terbuka, dengan berbagai kegiatan yang sederhana dan mudah," tutur psikolog anak Ratih Ibrahim di acara DANCOW Explore Your World.

Donita dan Svarga yang anteng banget di panggung
Rame banget yaaaa acaranya!
Acara ini juga turut menghadirkan pemain film Donita yang menekankan pentingnya peran orang tua dalam melepaskan si Kecil untuk berani bereksplorasi. Svarga, buah hati Donita, sudah mulai berenang sejak usia 3 bulan lho. Dan dia menikmatinya! Sayang Z kurang suka berenang di kolam umum, padahal kalau di bak mandi senang banget. Ah seleramu kok ya ember tho nak. Atau mungkin harus punya private pool ya hahahaha (ngayal). 

Oiya, saat anak bereksplorasi, tentu kita sebagai orang tua tetap harus mengawasi ya. IYA BOLEH, beri kesempatan, tapi pastikan lingkungan eksplorasinya terlindungi sesuai usia anak. Jadi misalnya anak balita masih suka memasukkan barang ke mulut, kalau sedang main pasir harus diperhatikan jangan sampai pasirnya dimakan hehehe.

Nah serunya, ada 4 area bermain di Nestle DANCOW Explore Your World untuk mendukung eksplorasi si Kecil. Ada Art Center dengan aktivitas story telling dan hand painting; Central Park dengan teknologi augmented reality yang mengajak anak bereksplorasi tentang alam dengan tumbuhan sesungguhnya serta hujan buatan; Play Park dengan wall climbing tematik, perosotan, kolam bola yang pasti seru banget buat motorik bocah; dan Smart City dimana si Kecil bisa membangun kota impiannya sendiri melalui media lego berwarna-warni.

Semua obyek permainan harus antri dulu karena banyak peminatnya. Di dalam pun, anak akan diberi waktu bermain untuk melatih disiplin dan memberi kesempatan bagi yang lain untuk bermain.

Kemarin Z berkesempatan masuk ke area Smart City. Bagi Z yang berusia 18 bulan, bermain lego ini dapat menstimulasi pengetahuannya terhadap bentuk dan warna, juga untuk motorik halus. Saat ini sih ia belum bisa memasang sendiri balok-baloknya. Masih suka minta tolong ibu kalau kesulitan menumpuk balok lego. Tapi Z menikmati mencocokkan bentuk yang sama, sambil teriak heboh kalau sudah menemukan bentuk yang kembar. "Embuuu, ammaaaa!!!" katanya (Ibu, sama!).

Beberapa kali Z juga tampak memberikan balok lego ke teman-teman di sebelahnya. Aku cukup terharu sih dia mau berbagi mainan. Biasanya 'kan anak seusia ini cenderung suka rebutan. Dengan mengamati, aku bisa tahu kalau permainan lego ini selain mengasah kreativitas juga mengasah kemampuan sosialnya.

Asik sendiri
Display kota DANCOW yang terbuat dari lego
Z melongo lihat display. Anak-anak orang lain disensor dulu yaaa mukanya, belum dapat ijin ortunya :p
Sayang setelah bermain di Smart City, kondisi Z sudah cukup mengantuk dan suasananya ramai sekali. (Ibunya) kepingin coba mainan yang lain tapi antriannya lumayan mengular hehehehe. Akhirnya Z lihat drama musikal di panggung tentang anak-anak yang bereksplorasi di taman dengan kupu-kupu, lalu bermain hujan, dan mimpi tentang diserang kuman tapi kumannya dilawan oleh tubuh yang kuat. Z ternyata suka lho lihat tari musikal begini.

Central Park, sekilas terlihat seperti Supertree di Singapura. Cakep yaaa..
Anak-anak yang lebih besar bakalan suka masuk ke Central Park ini, karena disuguhi petualangan bereksplorasi dengan aneka satwa dan tumbuhan. Ada juga hujan buatannya, tapi jangan kuatir karena anak sudah dipakaikan jas hujan.

Play Park yang banyak peminatnya. Z pasti juga suka dan gak mau udahan deh kalau masuk situ..

Inovasi baru DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung ADVANCED PROTECTION dengan 3 perlindungan, yaitu perlindungan saluran pernafasan, daya tahan tubuh, dan saluran cerna. DANCOW Advanced Excelnutri+ mengandung lebih dari 3x Lactobacillus rhamnosus dibandingkan dengan formula sebelumnya, serat pangan inulin, DHA< omega 3, omega 6, protein dan kalsium untuk mendukung tumbuh kembang optimal. Dominasi bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin membantu melindungi saluran cerna. Perlindungan saluran cerna ini penting karena 80% daya tahan tubuh berada di saluran pencernaan.

Kalau sudah terlindungi dari segi nutrisi dan faktor keamanan lainnya, ibu-ibu pasti bisa percaya diri bilang "IYA BOLEH" saat si kecil ingin bereksplorasi.

Srupuuuttt... cepat amat habisnya.
Oiya, selain di Jakarta, NestlĂ© DANCOW Explore Your World telah diselenggarakan di Medan (29-30 Maret) dan Surabaya (1-2 April), serta akan diselenggarakan di kota-kota lainnya, yaitu Semarang (5-6 Agustus), Solo (9- 10 September) dan Makassar (7-8 Oktober). Nestle DANCOW Explore Your World bisa menjadi tempat bagi si Kecil untuk belajar lebih berani dan mandiri. Ayah dan Bunda yang mendampingi si Kecil di NestlĂ© DANCOW Explore Your World juga bisa semakin yakin untuk bilang ‘IYA BOLEH’ untuk si Kecil bereksplorasi.

Aku harap tahun depan DANCOW mengadakan acara seperti ini lagi, saat usia Z sudah di atas 2 tahun dan bisa lebih mandiri dalam bermain :D

Bu, mau mobil ini dong. IYA, BOLEH nak wkwkwkwk.... (aamiin)