Jumat, 17 Februari 2017

Jalan-jalan ke Kuntum Farm Field

Beberapa minggu lalu, emaknya baby Z pengen ngajak si bayi "Pengenalan Hewan". Berhubung sampai usia 1 tahun, hewan yang dia lihat baru kucing, cicak, semut dan kecoa (hahahaha). Eh, lebih deng. Pernah lihat ikan-ikanan dan bintang laut ketika pergi ke SEA Aquarium. Juga ayam dan burung yang kadang ditemui saat keliling kompleks. Yah intinya, untuk memperkaya khazanah jenis fauna, kami harus lihat hewan langsung! Bukan sekedar lihat di buku cerita.

Salah satu kandidat tujuan adalah Kebun Binatang Ragunan, atau Fauna Land di Ancol. Namun setelah dipertimbangkan, Ragunan pasti rame kayak cendol, sedangkan Fauna Land cukup mahal tiket masuknya. Akhirnya kami ke... Kuntum Farm Field di Bogor!

Rombongan kami terdiri dari: aku, bapake, baby Z, juga adikku yang sedang di Jakarta. Lalu ada mas N, ponakan yang hari itu dititipkan ke kami karena ibunya sedang pelatihan. Plus bibiknya N. Plus ajak bibik S yang kerja di rumah, supaya bibiknya N ada teman. Plus ajak bibik T yang kerja di mertua, karena kasihan kalo yang lain pada jalan-jalan, dia di rumah sendirian. Total 8 orang di dalam mobil. Kami pun pinjam mobil mertua yang kapasitasnya besar. Hari itu kami pengen nyenengin banyak orang. Lets go!

Terima kasih ya para bocah yang baik, anteng selama perjalanan. Nyemil teruuuusss :D

Tak dinyana, perjalanan ke Bogor diwarnai hujan deras dan macet. Perbekalan para bocah habis sebelum sampai di tujuan. Aku ketar ketir, berangkat jam 9.30 dari Jakarta, jam 12 siang masih belum masuk Bogor. Aku udah rese nyuruh bapake melipir ke mall terdekat aja karena takut bocah-bocah kelaparan. Tapi dengan keukeuh bapake bilang, "Tuh di Google Maps 20 menit lagi sampe..." diulang-ulang terus ngomong gitu dari 1 jam sebelumnya :))) Alhamdulillah jam 1 akhirnya kami sampai di Kuntum ketika hujan baru aja reda! Rejeki bisa jalan-jalan di Kuntum, subhanallah!

Kami pun langsung menuju restoran yang ada di wilayah Kuntum. Tempatnya outdoor, namun masih ada atapnya. Banyak kucing berkeliaran di sana, menanti sisa tulang belulang dari ikan bakar yang dipesan pengunjung. Menu yang kami pesan ikan bakar, ikan goreng, ayam lada hitam, nasi goreng, tumis toge, udang goreng tepung. Kalap pesan kebanyakan, lapar sih. Ternyata rasanya... so so. Lumayan lah kalau lagi kelaparan berat dan kepepet, tapi untuk kembali lagi ke sana? Hmmm... Enggak deh. Alangkah baiknya sebelum ke Kuntum sudah makan dulu sih. Karena keluar tol Bogor sebetulnya banyak banget resto yang 'nggenah' atau fast food yang terjamin bersih, tapi karena buru-buru jadi terlewat semua.

Lalu petualangan kami di Kuntum pun dimulai. Memasuki Kuntum, kami disambut 'pasar' yang menjual hasil kebun dan aneka produk oleh-oleh yang unik, seperti camilan khas Bogor, ataupun olahan tanaman herbal. Oke, kami nggak berlama-lama di sini. Wilayah ini bisa dinikmati sepulangnya kami nanti. O iya, di wilayah inilah kami membeli tiket masuk serta makanan ikan seharga Rp 5.000 sebungkus.

Pertama kali masuk, kami disambut wilayah ikan. Ikannya bermacam-macam, yang kuingat sih ada koi dan lele. Seru deh lihat lele besar-besar, begitu dikasih makan langsung hap hap hap, dipatil makanannya. Jangan sampe nyemplung ke kolam lele yaaaa nak anak!

Lalu ada wilayah hewan pengerat: kelinci dan marmut. Kandangnya cozy deh, super besar, dimana hewan-hewan dibiarkan bertebaran. Sayangnya karena weekend itu rame, kelinci-kelinci sudah pada kekenyangan diberi makan. Pas kami sodorkan sayuran, kelinci udah gak minat. Maunya cuma leyeh-leyeh di pojokan.

Menawarkan sayur ke kelinci yang kekenyangan = gak digubris, hehehe
Penjualan camilan dan makanan hewan
Untung marmutnya masih kelaparan. BTW Baby Z masih malu-malu lihat hewan berbulu gini...
Ada kandang sapi, kandang kambing... Baby Z kurang menikmati karena masih takut-takut. Emaknya pun kurang menikmati karena ada bau-bau sedap (wahahaha). Yang seru, ada kandang domba yang terbuka bebas, dimana anak-anak kecil boleh masuk dan bermain sama domba. Aku pun menyempatkan pegang bulu domba, yang ternyata bertekstur seperti wool tebal dan empuk. Gemesss!!! Sensasi rasanya tak terlupakan.

Baby Z takut lihat kambing

Naik Kuda di Kuntum Farm Field

Melihat ranch kecil di Kuntum, tergoda deh buat coba naik kuda. Kami tawarkan ke Z, mau naik kuda nggak? Sambil dekat-dekat kudanya. Awalnya sih dia takut (huhuhu masih takut semua binatang nih), tapi lama-lama penasaran setelah tau bapaknya mau naik kuda sama mas N. Belilah kami tiket naik kuda, Rp 30.000 untuk 1 putaran. Bentar banget sih itu 1 putaran, tapi gak papa lah, sekali-sekali.

Aku pun naik kuda bersama baby Z. Ngeri juga sih naiknya, karena pengamanku hanya pegangan ke kuda plus dijagain bapak-bapak penjaga kudanya. Aku berusaha jaga keseimbangan, tangan kanan pegangan kuda, tangan kiri pegangin baby Z di depanku. Awalnya dia excited, kemudian langsung cranky setelah kudanya jalan. Tuplak tuplak tuplakkk... Baby Z pun balik badan memelukku sambil merengek. Kucoba menghibur sampai habis 1 putaran. Untung track-nya pendek ya nak :p
Ibuk sumringah, anak ketakutan.

Buat anak 1 tahunan, sebetulnya playground paling menyenangkan ya dimana ada lahan kosong, sehingga dia bisa lari-lari. Beberapa kali baby Z kabur nggak mau dipegangin, lari kesana-sini. Alhamdulillah kamu senang ya nak...

Jalan-jalan sama mbak S & mbak T

Di perjalanan ini, aku dan suami dibuat terharu karena para mbak berterima kasih sudah diajak jalan-jalan, refreshing dari kegiatan domestik di rumah. Mas N pun bilang, "Oom, hari ini seru banget ya!!" Rasanya nggak sia-sia kami menempuh hujan dan macet ke Bogor. Semua bahagia :)

Kalo belum ada baby Z, mungkin kami nggak akan tertarik ke Kuntum. Kebiasaan weekend kami jaman dulu paling jauh hanya jalan ke mall, pemalas banget yaaa. Jadi kami bersyukur di usia baby Z yang mulai penasaran segala sesuatu, kami harus cari-cari kegiatan positif dan edukatif. Ternyata Kuntum SERU BANGET dan RECOMMENDED! Bahkan buat orang dewasa pun, banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sini seperti menangkap ikan, memetik sayuran, dan ada padepokan untuk acara khusus.

Informasi:
Alamat Kuntum: Jalan Raya Tajur No.291. Jawa Barat - BOGOR
Jam Buka: Senin-Minggu 8.00 (Pagi) - 18.00 (Sore)
HTM: Rp.40.000/Org (siapkan uang lebih untuk beli makanan binatang dan kalau mau naik kuda)

Kamu ada rekomendasi tempat menarik lainnya kah buat weekend bersama bocah? Share yaaa ^_^