Rabu, 07 Desember 2016

Crafting: Dari Hobi Jadi Inspirasi

Assalamu'alaikum!
Beberapa bulan terakhir, aku merasa seperti nggak jadi diri sendiri. Rasa-rasanya ada bagian yang kurang dalam hidupku. Aih dramatis ya. Apakah bagian yang kurang itu? Ohhh, ternyata perasaan ini muncul karena aku lama nggak melakukan hobi crafting!


Sebegitu pentingnya peran hobi dalam kehidupan, seperti 'vitamin' untuk kesegaran jiwa. Melakukan hobi bisa melepas penat. Bikin hati senang. Bisa menjadi sumber penghasilan. Bahkan, bisa jadi inspirasi buat orang lain. Maka bersyukurlah orang-orang yang masih bisa menyelipkan hobi di tengah kesibukan. Atau bahkan, menjadikan hobi sebagai pekerjaan sehari-hari.

Menurutku, sebuah hobi dapat menjadi inspirasi apabila hobi tersebut di-sharing dengan orang lain. Caranya bisa dengan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki hobi serupa sehingga dapat berbagi ilmu. Atau, dengan membagikannya di media sosial agar dapat menginspirasi orang lain yang memiliki minat sama.

Dulu, blog ini menjadi tempat aku menuangkan kreativitas. Saat aku mulai menulis blog di tahun 2009, masih sedikit orang yang memiliki blog. Platform untuk berbagi inspirasi pun masih langka. Tak jarang aku mendapatkan komentar dari pengunjung blog, bahwa isi blog-ku sangat menginspirasi mereka. Senang banget rasanya, kalau ada yang bilang seperti itu. Seolah hidupku jadi lebih bermanfaat, hihihi. Lebay tapi emang bener lho.

Apa aja sih hasil kreativitas yang pernah aku share di blog? Mari bernostalgia :D

1. DIY Project

Coba ngacung siapa yang suka lihat proses kreatif pembuatan suatu barang unik? Atau re-make dari satu barang menjadi barang lain yang lebih bernilai tinggi? Aku suka banget! Apalagi kalau melihat barang di rumah yang tampilannya biasa, rasanya tangan gatal untuk mengutak-atik.

Misalnya, ada pigura di rumah yang berwarna keemasan, nggak cocok dengan desain rumah yang minimalis. Maka ambillah pylox lalu cat pigura tersebut sesuai warna favorit. Atau ketika musim baju dengan hoodie, aku membuat 'hoodie' sendiri dari shawl katun. Ternyata beberapa teman suka dan mempraktekkan.

Lalu, aku pun pernah membuat printables boneka kertas bongkar-pasang berhijab. Bahagia banget ketika ada yang tag aku di Instagram bahwa anaknya bermain boneka kertas tersebut. Bahkan ada seorang guru TK di Amerika yang email aku, dia mencetak boneka kertas untuk murid-muridnya. Terharu deh!



Ada kenangan lain yang menarik tentang hobi ini. Beberapa tahun lalu, aku pernah share cara membuat bros dari kain perca. Lalu sebuah komunitas hijab di Surabaya mengundangku untuk menjadi tutor untuk mengajarkan pembuatan bros kepada peserta dari komunitas dan anak-anak panti asuhan. Duh, senang sekali rasanya. Apalagi melihat adik-adik panti bisa menyelesaikan bros mereka sendiri dari bahan-bahan yang awalnya tidak terpakai, menjadi sebuah bros bunga yang manis. Semoga bermanfaat ya adik-adik.
Meja laptop portabel dari kardus, dakron dan kain perca


2. Craft Unik
Kerajinan tangan, apalagi yang disertai tutorial pembuatan, pasti bisa menginspirasi orang lain untuk ikut membuatnya. Tahun lalu, aku sempat produktif menerima pesanan talenan lukis untuk hiasan rumah. Berikut ini contoh hasil karyaku:





Sayangnya, saat hamil, aku memutuskan berhenti melukis akibat mual dengan aroma cat. Padahal masih banyak yang menghubungiku karena kepingin pesan. Berlanjut sampai sekarang, aku belum bisa memanajemen waktu untuk urusan anak dan domestik dengan melukis talenan.

Kadang suka takjub deh dengan supermoms di luar sana yang anaknya lebih dari 1, rumah rapi, sambil urus bisnis pula. Luar biasa! Mungkin memang aku harus merelakan waktu istirahat di malam hari kalau mau pegang kuas dan cat lagi :D

Nah, melukis talenan sebetulnya mudah, asalkan ada bahan berupa talenan kayu dan cat akrilik. Yang penting harus sabar ketika menggoreskan kuas cat ke permukaan kayu. Kadang catnya nggak menempel rata, sehingga cat harus dioleskan beberapa kali hingga serat kayu tertutup rata.

Untuk membeli peralatan yang dibutuhkan dalam membuat talenan lukis, dulu aku sampai blusukan ke beberapa pasar dan toko. Ternyata nggak harus repot-repot lho. Dari rumah, semua bisa dicari. Di BukaLapak (www.bukalapak.com) talenan kayu dan cat akrilik tersedia lengkap!



Metode pembayaran di BukaLapak pun bermacam-macam, bisa transfer, pakai credit card, e-banking, juga bisa bayar di Indomaret dan Alfamart. Banyak pilihan plus terjamin aman uangnya.

Sekarang nggak ada alasan menunda melakukan hobi. Alat dan bahan mudah dicari, hanya butuh menyediakan waktu saja untuk berkreativitas. Gimana, ada yang berminat membuat talenan lukis seperti aku? Hehehe.

---
Tulisan ini diikutsertakan pada kompetisi blog "Hobimu, Inspirasi Sekelilingmu" yang diselenggarakan oleh Hijup dan Bukalapak.