Rabu, 11 Mei 2016

Belajar Makan dengan Dr. Brown's

Assalamu'alaikum!
Nggak terasa, minggu lalu si bocah udah waktunya makan... Sesuai teori, bayi belajar makan di usia 6 bulan, atau jika ada kebutuhan medis bisa sebelum 6 bulan. Alasan mengapa 6 bulan, adalah pencernaan bayi sudah semakin baik sehingga meminimalkan risiko alergi makanan. Selain itu, biasanya di usia 6 bulan bayi sudah mulai belajar duduk dan mulai tumbuh gigi.


Apa makanan pertama baby Z? Setelah banyak browsing, beli buku persiapan MPASI, sampai tanya ke dokter anaknya si bayi, emaknya memutuskan makanan pertamanya adalah bubur tepung beras coklat Gasol, diencerkan dengan sedikit ASI. Nanti kapan-kapan menu MPASI awal dibahas di postingan terpisah yaaa kalau ada yang tanya :p

Ngomong-ngomong tentang perlengkapan MPASI, baby Z punya beberapa items dari Dr. Brown's lho. Selama ini, kukira produk Dr. Brown's hanya perlengkapan minum susu aja (botol dot dan empeng a.k.a pacifier). Oalah ternyata alat makannya juga lengkap!


Berikut ini review barang yang bisa dipakai oleh baby Z di umur 6 bulan:


1. Mangkuk - Feeding Bowl

Oh sudah pasti makan butuh mangkuk, ya kan?? Terutama untuk bubur agar nggak tumpah-tumpah. Namun melihat ukurannya yang cukup besar, emaknya baby Z memutuskan menyimpan mangkuk ini sampai usia bayi lebih besar nanti. Sekarang sih makannya masih porsi keciiiil banget.


2. Sendok - Spatula Spoon

Karena bayi disuapin pakai sendok, bukan pakai sumpit *eaaa.. Lucunya sendok Dr. Brown's ini, bentuk sendoknya rata (nggak cekung) tapi tetap ada pembatas agar bisa terisi makanan lumat secukupnya. Setelah 2x pakai, baru terasa enak manuvernya.


3. Gelas Belajar - Soft Spout Cup



Nah ini untuk bayi belajar minum, sebelum menggunakan gelas sungguhan. Didesain agar ketika belajar minum, airnya nggak tumpah kemana-mana (anti-spill). Sayangnya dari 2x pemakaian, baby Z masih belum jago mengisap air dari cup ini. Mungkin karena biasanya nenen doank ya... Malah soft spout-nya digigit-gigit, dikira teether hahaha *lap keringat. Tapi nggak papa, namanya juga sedang belajar minum ya nak :) Pelan-pelan harus sabar...


Setelah pemakaian ke-4 baru si bayi inisiatif pegang gagangnya dan mengenyot spout dengan semangat. Ada beberapa review yang bilang, saking anti-spill-nya, spout ini susah disedot. Tapi setelah dicek, baby Z minum kok. Meski sebagian besar air yang tersedot keluar dari mulutnya, membasahi celemek. Yah namanya juga belajar minum ya :p

4. Wadah makanan bersusun - Snack A Pillar

Salah satu produk yang menurutku menarik karena belum punya, hihihi... Wadah susun ini bisa digabungkan jadi satu susunan, atau dipisah-pisah. Ukuran tiap wadahnya pas untuk sekali makan bayi, atau untuk diisi snack. Warna wadahnya pun beda-beda, jadi bisa diingat-ingat yang warna merah isi apa, biru isi apa, dst. Cocok deh buat traveling.


Sayangnya kalau terlanjur disusun dan di perjalanan butuh dipisah, tutupnya cuma satu di ujung! Jadi kalau memang ada niatan memisahkan wadah, sebaiknya tutupnya dibawa semua.

Nah wadah ini kepake banget buat aku ngasih MPASI baby Z yang ukurannya cuma seuprit. Ketika bepergian long weekend kemarin, bubur beras pun siap dibawa pergi-pergi! Nggak sabar deh baby Z umurnya nambah, cemilannya juga nambah :D Kelak kalo traveling bisa bawa bubur, biskuit, dan buah pake wadah ini.

5. Plastik sterilizer - Microwave Sterilizer Bag

Produk ini menarik banget! Bermodalkan microwave, satu plastik ini bisa digunakan untuk sterilisasi peralatan bayi (botol/pompa/alat makan) hingga 20x!! Dua puluh kali!!! Praktis banget kalo butuh sterilisasi cepat-cepat (dalam hitungan 1.5 - 3 menit sudah steril), atau jika traveling ke tempat menginap yang ada microwave-nya. Uhuk mungkin bisa numpang sterilin di Sev*l atau C*rcleK sambil numpang manasin makanan :p


Pas baby Z liburan ke rumah eyangnya di Surabaya, ibunya pake plastik ini untuk sterilin peralatan makan baby Z setiap pagi. Praktis sih nggak pakai rebus-rebus. Soalnya panci-panci eyangnya kebanyakan dibuat masak semua. Kapasitasnya cukup besar untuk menampung soft spout cup, 1 snack a pillar, 1 mangkuk, dan sendok-sendok.

Setelah alat makan yang dibutuhkan diambil dari plastik, plastiknya diklip lagi. Jadi peralatan lainnya tetap aman dari debu. Tapi ingat, jangan masukkan benda besi (sendok/saringan kawat) ke dalam microwave ya!


Overall, thank you for accompanying baby Z's first weaning experience, dr. Brown's!
Semoga si bayi semakin pintar makan :D Bagaimana pengalaman MPASI pertama bayimu?

For further info of Dr. Brown's products:
Instagram : @Drbrownsindo
Facebook Fan Page : Dr.Brown’s Indonesia
Twitter : @drbrownsindo
#drbrownsindo #meandrbrowns #whywearehere