Kamis, 08 Oktober 2015

Workshop Mempercantik Blog dari IHB

Assalamu'alaikum!

IHB Blogging workshop, hijab bloggers

Suka penasaran nggak sih, kenapa bisa ada blog-blog yang super cantik, fotonya bagus, bikin betah bacanya berjam-jam. Sementara blog sendiri yang udah dicakep-cakepin layoutnya, masih belum bisa 'nyamain' blog favorit tadi XD.

Di Workshop Indonesian Hijab Blogger yang perdana ini, peserta & panitianya berkesempatan curi ilmu dari Fifi Alvianto, penulis blog The Alvianto's. Dari jaman Fifi punya blog Hijab Scarf, foto-foto yang tayang di blognya selalu menarik, layoutnya juga cantik. Nggak salah deh IHB pilih Fifi buat bahas topik Photos & Layout.

Apa aja ilmu yang aku dapat di acara ini?


Poin yang paling diingat adalah, tren desain blog saat ini = MINIMALIS. Dari tampilan yang clean, background putih, hingga font sans serif (minimalis tanpa ekor - bye bye Times New Roman!). Trus sidebar diisi yang penting-penting aja seperti button social media, navigasi label (jangan banyak-banyak!), juga foto penulis blognya... Lupakan deh widget-widget bling-bling yang nggak penting ;)

Namanya juga komunitas online, rapat, persiapan dan koordinasi segala macem dilakukan via whatsapp dan email. Kami jadi belajar cara handle event meskipun hanya via HP... Jauh di mata dekat di hati deh :p Pas hari H, panitia kompak kerjasama. Alhamdulillah juga, acara ini didukung banyak pihak. Ada Nutrifood yang meminjamkan tempat super nyaman, Le Luna Decor yang bikin suasana jadi 'magis' ala-ala Maroko, pleus aneka sponsor yang meramaikan isi goodie bag.


Di balik goodie bag yang dibagikan, ada panitia yang ngiler pas masuk-masukin makanan ke dalam tasnya XD
Mari masukkan goodies ke goodie bag! Photobomb mas-mas Nutrifood :p
Di acara ini, aku sempat kebagian 'ngomong' sepanggung ama Fifi dan Suci, waktu diminta menjelaskan tentang cara mengerjakan Moodboard. Kebetulan di grup watsap, aku yang semangat banget supaya sesi moodboard ini terlaksana, hahaha... Kena deh..

Ya ampun berasa ikutan nge-hits deh!!
Apalah ini workshop kok bikin Moodboard segala?

Jadi, karena kita ingin peserta bisa 'praktek' ilmunya langsung, peserta diminta membuat layout blog ala-ala dengan modal majalah bekas dan stiker hias yang disediakan IHB. Ya kan dengan waktu terbatas, sulit lah untuk praktek di komputer. Belum urusan colokan, nyambungin ke wi-fi, error ini itu.

Harapannya, moodboard ini bisa mewakili proses nantinya kalau mau praktek utak atik layout blog di rumah. Semoga peserta senang yaaaa, walaupun waktu ngerjainnya mepet banget tau-tau harus dikumpulin untuk dinilai Fifi Alvianto :D

Selamat buat Zilqiah, Samia & Ika yang moodboard-nya dipilih Fifi!
Overall, bisa hadir di acara ini, aku merasakan energi dan euforia yang luar biasa. Seneng banget!!! Seneng liat dekornya, seneng bisa ketemu blogger-blogger IHB, seneng isi goodie bag-nya, seneng tempatnya cozy banget + dapet minuman gratis (HiLo soleha! Moga makin soleha yaaa kita-kita :D)...

IHB Blogging workshop

Yang mau usul workshop IHB ke depannya, boleh loh komen-komen di report event web IHB...