Kamis, 29 Oktober 2015

List Belanja Perlengkapan Bayi


Waktu usia kehamilan masuk 28 minggu (7 bulan), mulai banyak yang tanya, "Udah belanja perlengkapan baby? Seru yaaaa... Jangan kalap lho walaupun barangnya lucu-lucu..."

Kalap apanya. Wong aku sama sekali belum ada niatan belanja (ketika itu) :)) Hasrat baby shopping sama sekali nggak muncul. Kayaknya bawaan si dedek, mau jadi anak hemat hahahahaha. Selama hamil, emaknya males ke mall dan belanja belenji.

Tapi eh tapiiii... Ibu mertua cerita kalo salah satu anaknya lahir prematur di 7 bulan, yang alhamdulillah-nya paru-parunya sudah berkembang, bisa dirawat dan tumbuh dengan sehat. Untungnya saat itu meski beliau belum nyiapin perlengkapan bayi, masih ada baju-baju dari anak pertamanya. Lhaaaa... Ini kalo si bayi tiba-tiba mbrojol, rumahku masih kosong melompong barang bayi, apa kabar??

Panik lah eike. Ditambah lagi, teman-teman yang hamil barengan udah mulai nyicil-nyicil baju bayi. Langsung aku browsing sana-sini, apa aja sih barang yang harus dibeli?? Secara nggak punya pengalaman ngurus bayi newborn. Clueless!!


Ternyata di internet udah bertebaran blog-blog yang bahas list belanja ini. Mulai dari list yang minimalis (beli baju sedikit, barang lain mengandalkan kado dari teman / saudara), sampai list yang super lengkap dan panjang. Makin bingung bok, mana aja sih yang bener-bener butuh. Trus aku punya ide cemerlang *halah lebay* gyahahahaa...

"ATURAN BELANJA:
Barang apa yang muncul di 2 dari 3 blog yang aku baca, aku masukkan ke dalam list-ku! :p"

Sehingga pada akhirnya, aku rangkum list ini. Di beberapa kategori aku beri tanda (--), maksudnya belanja tahap 1 dan tahap 2. Tahap 1 menurutku harus dibeli lebih dulu untuk sewaktu-waktu si bayi lahir, sementara tahap 2 masih bisa ditunda / ada substitusinya di rumah - pakai barang seadanya. Mau belanja langsung semua juga gapapa sih :D

Sebagian hasil belanjaan yang sudah dicuci, dilipat, dan disimpan di dalam laci khusus bayi

The Ultimate Baby Shopping List 

UPDATED 20-11-2015 : Setelah melahirkan, baru deh aku tau fungsi beberapa barang :D Text warna biru = update-an dari list sebelumnya yaaa...

Perlengkapan Tidur Bayi

Bantal Peang
Perlak Bayi - ternyata aku butuh 3: 1 untuk di baby tafel/meja ganti popok/mandi, 1 di kasur untuk tidur sama ortu, 1 di kasur bayi untuk tidur siang
--
Kelambu (kalau di rumah banyak nyamuk)
Baby Box / Alas Tidur (dapat minjam ipar, alhamdulillah)
Bantal Guling
Seprai
Selimut Bayi - beli yang bertopi, kepake untuk bawa bayi kontrol-kontrol ke RS

Pakaian Bayi 0-3 Bulan

Baju Newborn Lengan Pendek 6
Baju Newborn Lengan Panjang 6
Celana Panjang 6
Celana Pop 6
Popok Kain 1-2 lusin
Bedongan Bayi 1-2 lusin (meski bayi sekarang belum tentu dibedong, kata mbak-mbak di baby shop, bisa multifungsi jadi alas ompol / selimut tipis) - aku punya selusin, kepake banget buat bungkus kaki bayi (bedong kaki) waktu pakai popok kain, jadi kalau ngompol nggak langsung kena baju ibu :D, selain itu kepake jadi selimut dan alas tidur juga
Sarung Tangan & Kaki 2 set - ternyata butuh sekitar 4 set, karena kecil-kecil mudah ketlisut :p Bayi baru lahir hobi ngemut tangan & cakar-cakar muka euy!
Kaos Kaki Bayi 3-6 - belum berasa butuh banyak, karena udah ada sarung kaki. Plus, banyak yang ngasih kado kaos kaki bayi
Topi Bayi 2
Laundry Detergent khusus bayi
--
Gurita Bayi (optional) - beli tapi nggak kepake, akhirnya dipake untuk melapisi siku ibu ketika gendong bayi... Jadi kepala bayi di gendongan nggak langsung nempel kulit tangan ibu (nggak panas)
Baju Pulang RS 1 stel
Celemek & Lap Iler - Lap iler yang seperti handuk kecil kotak-kotak kepake banget untuk lap gumoh, iler, dan substitusinya waslap. Celemek malah nggak kepake.

Perlengkapan Mandi / Perawatan

Handuk Bayi 2 - Butuh 3 handuk, kadang pas selesai dimandiin, bayinya pipis di handuk :))))) Jadi harus ada cadangan
Waslap 3
Kapas Bulat > 2 pak - Ternyata gunanya kapas ini untuk bersihin pup & pipis bayi di pantatnya. Dicelup air hangat. Jadi nggak pake tisu basah yang kadang bikin iritasi.
Gunting Kuku 1 - Pilih yang bentuk gunting kecil! Aku beli yang model ala gunting kuku malah nggak bisa pakenya
--
Kassa Steril 2 pak - Dapat kassa alkohol dari RS, gunanya untung membungkus tali pusar yang belum puput
Sisir Bayi 1
Tissue Basah > 2 pak - Dipake untuk cebok pas pergi-pergi aja... Cebok di rumah pake kapas, lebih lembut!
Ember Mandi 1
Toiletries (Sabun & Shampoo)
Diaper Rash Cream
Baby Tafel (optional) - Ini kepake banget buatku mandiin si bayi.... Di-waslap pake sabun di meja tafel, selesainya baru deh dicemplungin ke ember

Perlengkapan Ibu

Gurita Ibu - Ternyata butuh minimal 2... Yah meskipun aku agak meragukan kemujarabannya bikin perut singset beneran.... Pas pake gurita keliatan singset, lepas gurita bergelambir lagi perutnya :))) Oiya pilih yang pake velcro ya! Kalo pake tali ribet beneeeerrr...
Daster Kancing Depan - Butuh banyakkkk!! Apalagi kalo kena ompol harus ganti!
Breast Pad - Ternyata penting, buat rembes-rembes ASI... Kiri nyusuin, kanan rembes... Gitu aja terus...
Pembalut Nifas - Butuh banyak ternyata. Apalagi awal habis melahirkan, tiap pipis ganti pembalut, karena ada bekas jahitan yang harus selalu bersih. Bisa juga pake pembalut night extra long.
Betadine
Bra Menyusui

Lain-lain

Stroller (sebenernya ditunda juga bisa sih, tapi hunting stroller ternyata seru banget! :p)
--
Car Seat
Baby Sling / Kain Batik Panjang
Sedotan Ingus - Belum beli dan belum merasa butuh
Perlengkapan Feeding (Breast Pump, botol dkk) ~ menyusul setelah lahiran, melihat kondisi ASI
Ternyata pompa ASI butuh untuk latihan di rumah, bikin stok ASIP meski ibu nggak bekerja di luar rumah. Nanti aku ceritakan kenapa tau-tau butuh ;)
Nursing Cover
Baby Changing Bag / Diaper Bag - Belum beli dan ternyata dapat 2 dari kado :p

Monggo kalau mau dikomentari barang apa yang sebenernya nggak butuh tapi terbeli, dan yang butuh tapi belum terbeli :D

Setelah Belanja?

Yang jadi peer berikutnya adalah...

Mencicil nyuci baju bayi! Huahahahaa... Karena malas nyuci pakai tangan, aku pakai mesin. Untuk per-kain-an yang besar-besar seperti seprai dan bedong, langsung kumasukkan ke mesin cuci. Sedangkan printilan yang kecil-kecil seperti baju, topi dan sarung tangan dimasukkan ke laundry net dulu supaya nggak bertebaran.

Setelah dicuci dan disimpan dalam kontainer tersendiri, barulah bisa tenang :D Yaa nanti kalau ada kurang-kurang barang bisa minta tolong suami belikan, atau beli online hehehehe. Dibawa nyantai aja deh.

Oiya, versi list belanja lengkap bisa nyontek dan print dari blognya Fifi Alvianto.