Sabtu, 10 Oktober 2015

Ganti Domain, Hilang Komen!


Udah lama kepingin nulis tentang ini, tapi lupa terus. Kalo ada yang perhatian sama blog Mrs. Tiananana, pasti sadar (geer!) kalo blog ini sudah jadi tiananana.com instead of tiananana.blogspot.com :D Yap, aku beli domain dot com!

Keputusan ini terjadi sejak index alexa blog mengikuti alexa-nya blogspot.co.id! Bagi yang pernah merasakan berjuang mendaki posisi tangga alexa (apaan sih lebay deh), pastinya sedih banget kalo index tersebut tiba-tiba hilang, karena ikut rank blogspot setempat. Penting nggak penting sih ya alesannya :)))

Ditambah lagi, untuk urusan monetisasi blog, beberapa perusahaan lebih tertarik untuk kerjasama dengan blogger yang punya domain sendiri. Ini bocoran dari beberapa teman blogger yang sudah diajak kerjasama dengan brand tertentu. Yaaa boleh donk berharap, suatu ketika hobi menulis blog bisa 'menghasilkan' :p

Lalu apa suka dukanya proses ganti domain jadi tiananana.com?


Suka Duka Beli Domain

(+) Suka-nya dulu yaaa...
Kelihatan lebih KEREN & PROFESIONAL :)))) Ya Allah, ngga penting banget ya :))))

Kalau untuk keuntungan monetisasi blog, aku masih belum merasakan. Namanya juga masih merangkak. Semua butuh proses kan yaaa ;)

(-) Duka-nya:
BAYAR. Ya iyalah. Kalo mau gratis, tetaplah di blogspot XD Aku beli domain di IDwebhost seharga Rp 110.000. Jumlah rupiah ini harus diperpanjang tiap tahunnya.

RIBET utak-atik proses pindahan domainnya. Entah rada gaptek atau kurang teliti yaaa... Butuh waktu 3 hari buat aku pindahin domain blogspot ke dotcom. Padahal banyak tersedia tutorialnya. Diikutin step by step sesuai yang tertulis, dan sempat ada salah tulis angka - yang bikin aku gagal pindah domain selama 2 hari - makanya lama banget prosesnya. Kalo teliti sih gampang kok!

Aku pakai tutorial ganti domain dari blog ini dan blog IDwebhost-nya sendiri (sekedar untuk mencocokkan langkah).

RANK mulai dari awal. Yang dulunya Alexa udah sempat memasuki angka 500 ribuan dan Google Page Rank 2, sekarang balik lagi deh ke Alexa juta-jutaan dan Google Page Rank 0.

KOMEN Google+ HILANG. Nah ini nih.

Kelemahan Sistem Komentar Google Plus Comments

Dulu aku pernah nulis postingan galau di sini, bahwa apabila kita sudah mengaktifkan Google Plus Comments di fitur komentar, maka komen akan hilang jika domain blog berubah. Memang sih yang hilang hanyalah komentar pada periode dimana kita mulai mengaktifkan G+ Comments hingga ganti domain (komentar pada periode sebelum / setelah itu, tetap ada).

Makanya, kalau ada rencana ganti domain, sebaiknya gunakan dulu domain yang baru. Setelah itu aktifkan deh G+ Comments-nya.

Emangnya Kenapa Menggunakan Google Plus Comments?

Yang aku suka dari sistem komentar G+ adalah, ia terkoneksi dengan akun Google Plus kita, serta orang-orang yang memberi komen atau +1. Sehingga dialog komentar bisa lebih interaktif (bisa balas-balasan).

Memang sih Blogspot juga menyediakan sistem komen Embedded yang juga bisa balas-balasan komen. Tapi seringkali setelah kita balas komen, blogger tersebut nggak tau 'kan kalau kita udah balas komennya. Ibaratnya kita ninggalin komen di blog orang, kita harus balik lagi ngecek blognya untuk tau apakah komen kita udah dibalas / belum.

Praktis. Kalau ada yang komen di G+ kita setelah nge-share postingan, itu pun otomatis masuk (terkoneksi) ke komentar di blog.
Kalau di Google Plus Comments, balasan komen masuk ke notifikasi G+. Praktis deh. Interaksi semacam ini yang aku temui di blog Wordpress, yang sayangnya, untuk Blogspot harus pakai G+ Comments.

Maka terjadilah. Setelah aku pindah domain, komen-komen ke blog-ku di periode Januari hingga September, hilang. Lang. Lang.

Untungnya aku sempat capture beberapa komen dari postingan tertentu :)))

Contohnya, postingan Tanda-tanda Salah Pakai Warna Jilbab yang cukup banyak menuai komentar (hingga 75 komen - suatu prestasi buat blogku XD). Ini beberapa komen yang masuk (dan sekarang sudah hilang!):


Ya sudahlah. Nasi sudah terlanjur menjadi nasi goreng. Kita makan aja yuk!

Gimana, ada yang minat pasang G+ Comments? *ini postingan geje ya, ngajak pindah domain atau ngajak pake G+ Comments :)))