Senin, 26 Oktober 2015

DIY: Pewangi Ruangan Alami Tanpa Kimia

Assalamu'alaikum!


Dulu, aku suka beli pewangi ruangan dari supermarket. Ada yang bentuknya seperti gel di dalam pouch, ada yang sachetan untuk digantung. Wanginya pun bervariasi dari buah-buahan hingga bebungaan. Tapiiiii pewangi-pewangi itu kan menggunakan bahan kimia ya. Apa ada alternatif yang lebih sehat?


Mertuaku sering membawa seikat daun pandan di dalam mobil :D Jadi, beliau nggak pakai pewangi yang biasa ada di iklan-iklan. Cukup menaruh seikat pandan di pintu dekat supir, wangi deh satu mobil.

Nah, trik daun pandan ini aku coba untuk di rumah. Rumahku seringkali berbau pengap setiap habis ditinggal pergi (karena semua jendela tertutup). Menghilangkan bau pengapnya gampang sih, tinggal buka-bukain jendela dan pasang kipas angin supaya ada aliran udara. Tapi kalau buka jendela malam-malam malah mengundang nyamuk masuk :)))

Maka aku menanam pandan di depan rumah. Ambil sekitar 6 helai daun, dipotong-potong, taruh di wadah dan letakkan di sudut rumah yang terkena aliran udara. Nggak nyangka, rumah jadi wangi & segar. Bau-bau manten! Hahahahahaha.... Yaaa di kawinan kan potongan daun pandan sering dijadikan pengisi taman di pelaminan. Bahkan manten Jawa pakai potongan daun pandan di dalam sanggulnya supaya harum.

Selain itu, harum pandan mengingatkan aku pada jajanan-jajanan enak seperti serabi pandan, bubur sumsum, kolak pisang dengan pandan... Alamak... Kurang apa coba, rumah segar dan menambah napsu makan :p


Potongan daun pandan bisa diletakkan di mangkuk atau di kantung tulle yang biasa didapat di souvenir nikahan :D

Intinya aku jatuh cinta banget dengan pewangi ruangan dari pandan ini. Sekali potong pandan, harumnya bisa bertahan hingga semingguan. Buang daun pandan kering setelah nggak mengeluarkan wangi lagi.

Kamu punya tips pengharum ruangan alami dengan bahan lain? Share donk ;)

Kalau aku, juga suka pakai diffuser essential oil. Tapi essential oil yang asli (dan aman) kan mahal. Akhirnya yang murah meriah ya pakai pandan aja deh hihihi...