Jumat, 31 Juli 2015

6 Jenis Pakaian Reguler Untuk Baju Hamil

Assalamu'alaikum..
Ada yang sedang hamil kah? Memasuki usia kehamilan 5 bulan, baju-bajuku sudah mulai nggak muat T_T Perut berteriak, "Belikan aku baju hamil!" Tapi tiap kali mampir ke department store atau OL shop bertajuk "baju hamil", modelnya nggak ada yang bikin sreg, alias seperti emak-emak hamil (lah padahal emang mau jadi emak-emak, gimana sih :p).
pregnancy style, baju hamil modis
Pengennya sih di kala hamil bisa stylish begini, hihihi.
Modal: Dress longgar, crop sweater / waterfall cardigan, sepatu flats, tas yang ringan, dan scarf cantik

Baju Reguler Sebagai Baju Hamil yang Modis

Setelah menyortir isi lemari dan menyingkirkan baju-baju yang nggak akan bisa dipakai selama beberapa bulan ke depan (karena perubahan bentuk tubuh), ternyata banyak baju yang masih bisa digunakan ketika hamil. Di toko baju pun, nggak hanya bagian berlabel "Baju Hamil" yang perlu kita kunjungi. Berikut ini 6 jenis pakaian 'wanita normal' yang juga bisa digunakan oleh bumil:



1. Tunik A-Line Longgar

Model tunik yang semakin melebar dari dada hingga panggul, membuat perut lebih lega. Silakan bertambah besar, dear baby!
tunik atasan hamil
Tips: Jika membeli baju baru, bisa dipertimbangkan untuk mencari atasan dengan bukaan cukup lebar agar baju bisa digunakan untuk menyusui setelah melahirkan. Tapi kalau bajunya super longgar, mungkin bayinya aja diselipkan ke dalam baju muahahahaha....

2. Celana atau Rok Berkaret Elastis

Celana dan rok yang berkaret, nyaman digunakan hingga usia kehamilan menjelang 5 bulan. Setelah perut makin besar, karetnya terasa menekan dan jadi nggak nyaman. Daripada beli celana hamil yang modelnya old skool, aku memilih beli celana & rok berkaret dengan ukuran yang lebih besar (contoh, kalau biasa pakai ukuran M, belilah yang L).

3. Dress Longgar / Empire Line

Sama seperti tunik, dress longgar juga nyaman dipakai bumil. Salah satu kelebihan dress dibandingkan baju 2 piece adalah, tidak ada tekanan karet di area perut seperti ketika mengenakan rok atau celana.
dress, kaftan, baju hamil

4. Crop Sweater, Oversized Sweater, dan Unstructured Outer

Crop sweater biasanya bermodel longgar di perut dengan potongan di atas pusar. Jadi cukup mengakomodasi perut yang membesar. Tapi jangan lupa gunakan rok / dalaman yang menutup perut, supaya udelnya nggak kemana-mana :p



Trik (5) Celana Jeans dan (6) Bra Untuk Ibu Hamil

Sumber gambar kiri: di sini

Trik jeans ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu, dan sudah dibahas di beberapa website. Dengan menggunakan karet yang diselipkan di lubang kancing, celana jeans bisa muat hingga beberapa bulan kehamilan (bertambah 2-5 cm tergantung panjang karet). Pastikan baju atasan cukup panjang supaya karet gelang ini nggak terlihat ya! Berdasarkan pengalamanku, trik ini bisa dipakai hingga memasuki bulan kelima kehamilan.

Sedangkan untuk menambah lingkar bra, kita bisa beli pengait tambahan di toko bra terdekat. Lumayan untuk menambah 2-4 cm, meskipun pada akhirnya tetap harus beli bra baru ketika trik ini sudah tidak muat lagi.

Bagi yang punya pengalaman atau tips-tips lainnya, silakan tulis di komen yaaaa ;D