Kamis, 16 April 2015

5 Destinasi Impian dalam 5 Tahun - Casa Elana for IHB Blog Post Challenge

Assalamu'alaikum!

Yang namanya manusia, pasti punya banyak impian. Dari yang sederhana seperti mimpi pengen makan di restoran X, ingin kuliah di Y, ingin kerja di perusahaan Z, hingga ingin membahagiakan orang tua. Manusia hidup dari mimpi. Kalau nggak punya mimpi, buat apa susah-susah menjalani hidup? Kuliah, demi impian ingin bisa diterima kerja. Kerja, demi impian ingin keluarganya sejahtera dan kebutuhan hidup tercukupi. Olahraga, demi impian punya badan sehat. Beribadah, demi impian bisa dapat tiket masuk ke surga Allah :)


Keep your heart open to dreams. For as long as there’s a dream, there is hope, and as long as there is hope, there is joy in living.” – Anonymous


Di mana ada mimpi, di sana pasti ada harapan! Aku pernah membuktikan lewat 'scrapbook mimpi'. Aku tulis semua mimpiku, tempel foto-foto yang mendukung (digunting dari majalah), lalu kupasang di meja belajar. Setiap hari dilihat dan didoakan, ehhh alhamdulillah mimpi-mimpi yang bahkan tampak impossible bisa terwujud. Misalnya mimpi ke luar negeri. Kalau dipikir-pikir sih ajaib banget ya, duit tabungan nggak seberapa tapi bisa jalan-jalan. Namun 'kan kita harus yakin, rejeki Allah itu tanpa batas. Bisa datang dari mana saja!

Source of Picture: Map & Paper Airplane

Dari berbagai macam impian yang aku punya, di postingan ini aku akan menuliskan mimpi jalan-jalan keliling dunia.

Banyak kisah inspiratif tentang bagaimana seseorang bisa mewujudkan mimpi keliling dunia. Mbak Asma Nadia membuktikan, lewat profesinya sebagai penulis, dia bisa berkeliling ke puluhan negara, gratis! Beberapa blogger pun ada yang berhasil diundang jalan-jalan entah ke Macau, Hongkong, hingga Jepang dengan rajin menulis blog yang informatif atau mengikuti kontes menulisAtau teman-teman kita yang diterima kuliah di luar negeri melalui beasiswa. Banyak jalan menuju Roma, kan?

Ini dia 5 destinasi impian yang diharapkan bisa kukunjungi bersama suami dalam 5 tahun ke depan! 



1. Babymoon di Bali 

Bali menjadi salah satu pulau impian di Indonesia yang ingin kukunjungi bersama suami. Meskipun kami cukup sering backpacker-an, ternyata kami belum pernah ke Bali berduaan lho! Padahal pulau ini menawarkan banyak pemandangan indah dari pantai hingga pegunungan, dan suasana mistis-romantis yang sulit dijelaskan begitu menjejakkan kaki ke pulaunya.

Source http://bidadarivillasubudbali.com/
Bali, menurutku cocok banget kalau aku ingin babymoon alias honeymoon terakhir sebelum ada bayi. Babymoon, biasanya dilakukan ketika ibu hamil memasuki trimester kedua dimana ia sudah nggak mengalami morning sick dan kandungan belum terlalu berat. Jarak Jakarta ke Bali pun relatif dekat menggunakan pesawat, jadi nggak capek di jalan. Dan karena Bali memang identik dengan wisata relaksasi, bumil nggak terlalu diforsir untuk jalan-jalan mengeksplor ini itu. Yaaa tentunya kegiatan semacam naik banana boat atau parasailing di-skip dulu ya wahai bumil!

Source of picture
Aku kepingin mengunjungi Seminyak dan Ubud! Di sana tersebar kafe-kafe lucu dan toko-toko unik. Apalagi di Ubud, banyak toko aromaterapi dan produk body care natural buatan Indonesia. Aih senengnya! *mendadak napsu belanja*

Dan aku belum pernah melihat tarian kecak LIVE! *masukkan ke wishlist*


2. Melihat rumah Hobbit di New Zealand

Kalau datang ke pameran wisata di mall, aku suka melihat brosur perjalanan ke New Zealand. Di sana ada burung kiwi dan rumahnya Hobbit! Iya, Hobbit dari film Lord of The Rings (LOTR) itu tuh... Meskipun bukan penggemar serial LOTR, aku memimpikan datang ke desanya Hobbit yang memanjakan mata.

Hobbiton di New Zealand. Source of picture

Meskipun New Zealand adalah negara yang relatif kecil, ia punya pemandangan alam yang cantik dan tampak 'tidak terjamah'. Semua lengkap ada di sini, dari bukit-bukit hijau, pegunungan, danau yang tidak tercemar, hingga pantai-pantai yang indah. Ada hewan khas yaitu burung kiwi, juga ada suku Maori yang masih melestarikan budayanya.

Pemandangan spektakuler di New Zealand. Source of picture.
Siapa yang nggak ingin melihat langsung pemandangan seperti gambar di atas???

3. Piknik di bawah pohon sakura di Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang masih sangat kental dengan budaya dan tradisinya. Dari jaman dorama masuk ke TV di Indonesia, aku sudah bercita-cita ingin ke Jepang dan mencoba kimono hahaha!



Kalau ingin melihat sakura, wisatawan harus ke sana sekitar akhir Maret hingga awal April. Menyenangkan sekali kalau bisa piknik di bawah pohon sakura membawa bekal bento :D  

Salah satu objek yang tampaknya menarik di Jepang, yaitu desa Shirakawa-Go. Desa ini masuk ke daftar UNESCO World Heritage Site, dengan ciri khas rumah-rumah dengan atap berbentuk segitiga curam. Kalau di-browsing, baik di musim hangat maupun dingin, suasananya sama-sama cantik!

Source of picture
Jepang juga terkenal dengan budaya masyarakatnya yang menghargai keindahan, keharmonisan, dan kesempurnaan. Pasti segala pernak-pernik souvenir asli Jepang dibuat dengan teliti dan penuh detail. Bagi orang yang suka kerajinan tangan, melihat karya orang Jepang pasti bikin takjub. Lihat deh buku-buku craft yang diimpor dari Jepang: origami, crochet, tas perca, lucu-lucu banget! Nggak ada yang norak! Kalau ke Jepang bisa jadi aku kalap beli buku-buku crafting ;)

4. Pergi haji ke Mekkah - haji

Kenapa impian pergi haji-nya ditaruh di nomor 4? Karena diharapkan, panggilan dari Allah akan datang 4 tahun lagi (aamiin, aamiin!). 


Source of picture

Belakangan ini, antrian pendaftaran haji makin panjang. Untuk haji biasa, antrian sudah mencapai 12-17 tahun berdasarkan wilayah (kalau daftar sekarang, berangkat 12-17 tahun lagi), dan haji plus mencapai 5 tahun. Biaya haji pun naik terus setiap tahunnya. Hal ini membuatku dan suami berpikir, kalau menunda daftar, bukan hanya harganya semakin mahal, antriannya pun makin panjang. Jadi begitu jumlah tabungan mencukupi, nekat aja daftar uang muka-nya. Selanjutnya komitmen investasi tiap bulan di reksadana supaya di tahun keberangkatan, jumlah tabungan cukup untuk melunasi biaya haji.

Investasi haji ini memang cukup besar. Pastinya harus tutup mata dari godaan baju-baju online shop, lipstik mahal, tas branded, sampai makan di restoran fancy. Impian butuh pengorbanan 'kan?


Labbaikallaahumma labbaik! Labbaika laa syariikalaka labbaik! Sungguh rindu melihat Ka'bah :')



5. Ke London dan kota-kota kecil di Inggris

Salah satu negara di belahan Eropa yang ingin kukunjungi adalah Inggris. Negeri ini masih memiliki kerajaan yang berisi ratu, pangeran, dan putri sungguhan :D

Source: LocalNomad
Banyak yang bisa dilihat di London. Yang paling terkenal adalah Big Ben dan atraksi London's Eye. Lalu ada pergantian penjaga istana di jadwal-jadwal tertentu. Penjaga istana dengan topi hitam tinggi ini biasa aku lihat di masa kecil di kaleng biskuit egg roll Monde *eh *maap OOT :p

London juga memiliki banyak museum yang bisa dikunjungi gratis! Di antaranya British Museum, National History Museum, Science Museum, dan lain-lain. Pastinya untuk budget traveler, objek gratisan nggak boleh dilewatkan :D Senang-senang sambil nambah ilmu.

Kota-kota lain di Inggris juga menawarkan pemandangan menarik khas Eropa. Melihat postingan berlabel United Kingdom di blog Nazura Gulfira, ternyata suasana pedesaannya romantis banget!

Countryside of England. Source: Nazura Gulfira
Bagi penggemar bola, pasti memimpikan ke Manchester atau Liverpool. Kalau aku, berhubung bukan penyuka olahraga, inginnya ke kota-kota kuno penuh nilai historis, misalnya Yorkshire. Ingin juga naik kereta api dengan pemandangan desa-desa Inggris. Juga ingin mengunjungi peron 9 3/4-nya Harry Potter hihihi!



Alhamdulillah 5 destinasi impian sudah dituliskan. Tugas berikutnya adalah rajin-rajin divisualisasikan agar benar-benar jadi nyata, rajin cari rejeki dan kesempatan (uhuk, puk puk suami), rutin menabung dan investasi, serta berdoa agar bisa terwujud.

Tulisan ini diikutkan dalam "Casa Elana for IHB Blog Post Challenge". Buat kamu yang punya banyak impian dan pengen dapat baju-baju cantik dari www.casaelana-shop.com, ayo ikutan challenge-nya. Cek syarat dan ketentuannya di blog IHB ya :)