Selasa, 03 Maret 2015

Memasak Spaghetti Pesto dan Pan Fried Salmon

Assalamu'alaikum!
Aku mau share masakan super gampang ala-ala restoran bule: Spaghetti Pesto dengan Pan Fried Salmon :D Kalau di resto, menu seperti ini seporsinya bisa dibanderol Rp 90-ribuan (ya iyalah salmon kan mahal).

Awalnya kepingin masak ini gara-gara lihat daun basil di supermarket. Wah basil cocok untuk pesto! Daun basil di FoodHall sekitar Rp 8.000 seikat. Lalu merembet beli salmon untuk pelengkap. Nahhh salmon ini nih yang mahal. Kalau nggak salah aku beli Rp 60.000 (lupa berapa gram, tapi cukup untuk berdua).

Daun basil, mirip kemangi tapi aromanya beda jauh! Sumber gambar daunnya
Namanya masih newbie di dapur ya, suka galau abis beli sayuran, "Cara menyimpannya gimana supaya nggak layu?" Karena aku beli sudah malam dan baru bisa diolah besok malamnya. Berdasarkan googling, diperoleh beberapa cara.


Cara Menyimpan Daun Basil

  1. Potong akarnya, masukkan batang ke gelas berisi air (batangnya saja yang tercelup), lalu tutupi daunnya dengan plastik. Sumber dari sini. Katanya sih lebih baik disimpan di suhu ruangan daripada di kulkas. Tapiiii ruangannya bule kan dingin ya >_< Di Jakarta mah suhunya anget. Jadi ya aku masukkan kulkas.
  2. Kalau mau lebih tahan lama hingga berbulan-bulan, cuci bersih daun basil, petiki daunnya, susun di dalam jar. Beri olive oil hingga daun tenggelam dan taburi garam. Masukkan kulkas. Sumber dari sini.
  3. Ada juga cara-cara lain seperti membekukan di dalam ice cube tray diisi daun basil dan olive oil, atau dibekukan kering dengan cara menyusun daun basil yang sudah dipetik, dicuci dan dikeringkan di loyang berlapis kertas minyak. Bekukan, lalu keluarkan dari freezer, masukkan dalam wadah kedap udara, dan masukkan lagi ke freezer.

Cara Memasak Pesto Tanpa Kacang Walnut

Setelah punya daun basil dan salmon, bingunglah saya. Resep pesto kan ada kacang walnut-nya! Di mall mau cari walnut di mana? Adanya di toko bahan kue. Untungnya, mbah Google selalu membantu. Aku lupa sumbernya dari mana, tapi intinya sih bahannya begini:

  • Daun basil yang sudah dipetik
  • 2 siung bawang putih
  • Keju parmesan parut (alhamdulillah masih punya stok)
  • Sedikit perasan lemon
  • Garam
  • Blackpepper
  • Olive oil
Cara membuat? Blender saja semuanya! :D Jangan lupa dicicipi, sudah pas belum asinnya. Gampang kaan! Tinggal rebus pasta hingga al dente, saring, lalu campurkan dengan saus pesto.

PS: Sisa saus pesto bisa kamu masukkan kulkas dan dipakai lagi di kemudian hari. Sepertinya dioles ke roti lalu dipanggang juga enak!
PS lagi: Ada nih resep pesto dengan campuran daun basil dan bayam. Enak juga tampaknya!



Untuk salmonnya, cuci bersih salmon, keringkan, lalu dibalur perasan jeruk lemon. Taburi lada hitam & garam. Masak di atas wajan yang sudah panas hingga kulitnya kering (nanti enak deh kulit salmonnya gurih & crispy), lalu balikkan. Kalau sudah matang, warna salmon berubah dari oranye cerah jadi peach muda.

Jadi deh masakan ala-ala restoran barat. Suami doyan banget (dia pecinta pesto!).

Total Pengeluaran:
Basil Rp 8.000
Salmon Rp 60.000
Spaghetti hanya pakai 150 gram +- Rp 4.000
Lemon pakai setengah +- Rp 5.500
Parmesan pakai sejumput +- Rp 5.000
Garam, bawang putih & blackpepper +- Rp 500 (?) hahaha ngaco

Jadi Rp 81.000 untuk BERDUA! Kalau di restoran, 2 porsi mungkin hampir Rp 200.000 ya :D