Selasa, 27 Januari 2015

Tanda-tanda Salah Pakai Warna Jilbab

Sebelum ngerti teori warna hangat dan dingin, kalau mau jilbaban aku comot aja apa yang ada di lemari. Pilihan biasanya jatuh di warna pink pucat, coklat muda, dan abu-abu karena netral. Tapi kalau lihat foto-foto pakai jilbab warna tersebut, mukaku kelihatan pucat, kusam dan nggak sehat!

Warna Ria Miranda dan Jenahara

Kadang ketika mencoba warna jilbab, baju, atau lipstik, ada teman yang bilang, "Kamu sih cocok pakai warna itu... Kamu 'kan kulitnya putih..."

Eitssss jangan salah, teori warna ini bukan dilihat dari kadar gelap dan terang kulit. Yang menentukan adalaaah... Rona kulit! Coba googling warm and cool skin tone, pasti banyak website yang mengulasnya.

Untuk contoh, di foto atas aku sandingkan Ria Miranda (RM) the pastel queen dengan Jenahara (JH) yang biasanya pakai jilbab hitam:
  • Menurutku nih yaaaa, RM lebih 'bersinar' ketika pakai warna krem hangat. Di foto RM yang kedua, dengan inner jilbab agak kebiruan (warna dingin) dan warna lipstik pink dingin, RM terlihat agak pucat.
  • Sedangkan JH terlihat 'terbakar' dengan warna merah hangat, namun cocok banget dengan jilbab ungu muda (dingin) dan lipstik pink dingin.
  • Tapi pada dasarnya mbak-mbak dua ini memang sudah kece sih, pakai warna apapun ga masyalaaaah...
PS: Kepada mbak RM dan mbak JH, maaf yaaa kalau foto-fotonya dibuat contoh dan dikomentari seenak saya >_< Karena signature look-nya sangat khas, jadi lebih mudah untuk perbandingan...

Tanda-tanda Warna Jilbab Tidak Sesuai

  • Ada yang tanya, "Kamu sakit ya?"
  • Ketika bercermin, sesuatu tampak salah
Tapiiii ketika kamu pakai warna yang sesuai rona kulit, bisa jadi ketika bertemu teman, kamu dipuji makin cantik & segar. Nah kalau sudah dipuji gini langsung catat, kamu lagi pakai warna apa :D

 

Cara Mengetahui Skin Tone Untuk Menentukan Warna Jilbab

Untuk tahu skin tone-mu, ada beberapa langkah mudah:
  1. Lihat pergelangan tangan bagian dalam, ada urat-urat nadinya 'kan? Apakah warna urat yang dominan adalah biru? Berarti kamu punya cool skin tone. Tapi kalau lebih banyak urat yang hijau, kamu tergolong warm skin tone. Nah kalo biru dan hijau sama banyaknya gimana? Probably you're neutral!
  2. Jenis perhiasan apa yang bikin kamu lebih glowing? Apakah perhiasan silver? Maka kamu punya cool tone. Atau perhiasan  emas? Maka kamu punya warm tone. Terlihat bagus pakai dua-duanya? Congratulation, you're neutral!
PS: di komen, Lia bilang skin tone di lengan beda dengan skin tone di wajah. Ini bisa juga terjadi ^_^ Kalau begini sih tinggal diingat-ingat aja warna jilbab yang paling 'appealing' pas kita pakai hehehee

Jika sudah ketemu skin tone-nya, ini panduan warna jilbab / lipstiknya :D
warna yang cocok untuk kulit
Skema warna diambil dari sumber ini.

 

Untuk Mengakali Warna yang Kurang Cocok

Kadang, mau nggak mau kita harus pakai warna jilbab yang bikin kulit kita terlihat kusam ya. Misalnya, aku tau kalau aku pakai warna jilbab abu-abu pasti kelihatan kayak belum mandi (hahaha). Buat ngakalinnya, aku pakai lipstik warna pink fuchsia supaya lebih segar :p Kesimpulannya:
  • Gunakan makeup! Misalnya foundation untuk 'menetralkan' rona wajah atau lipstik yang bikin kamu kelihatan lebih glowing
  • Pakai inner jilbab yang sesuai warna kulit, karena inner-lah yang membingkai wajah
  • Kalau terlanjur difoto, edit aja pencahayannya jadi lebih hangat/dingin, kurangin warna merah atau biru-nya, atau kalau perlu pakai efek lomo :p
    Hijab style in warm and cool colors
    Foto bonus: kumpulan foto kiri, ane lagi pakai warna hangat - kanan, ane pakai warna dingin. Rasa-rasanya sih lebih pantes di warna dingin heheheeee...
    Kamu punya pengalaman tentang warna jilbab? Warna apa yang secara nggak sadar ternyata bikin kamu lebih cakep? ^^

    LOST COMMENTS: