Minggu, 18 Januari 2015

Galau Ngeblog Euy!

Sejak ikut IHB, hasrat ngeblog makin besar. Lalu muncul kegalauan-kegalauan yang berkaitan dengan teknis blog ini:

Apakah nama domain saya aneh? 

Tiananana itu nanana-nya nggak penting banget kan hahaha... Kalo di-search pun rawan kekurangan "na" atau kelebihan "na". Tapi sampai sekarang belum dapat wangsit mau ganti nama blog apa, jadi ya sudahlah... Ada yang mau kasih ide?

Mau lanjut ngeblog berbahasa Inggris atau bahasa Indonesia?

Dari tahun 2009 aku berusaha nulis pakai bahasa Inggris, karena kalau bukan lewat blog, gimana lagi aku bisa latihan? Selain itu juga kepingin ada bule yang baca blog-ku :p Tapi dilihat-lihat dari stats yang nggak seberapa, 75% pembaca blog ini adalah orang Indonesia. Sisanya ada dari USA, Malaysia, Ukraina, dsb. yang entah nyasar di blog terjebak keyword apa di Google.

Kemarin ada yang nulis komentar, bahwa bahasa Inggrisku sebenarnya simpel, tapi kadang-kadang dia nggak ngerti :( Yah sayang banget ya, nanti apa yang ingin kuceritain nggak tersampaikan ke 75% pembaca yang orang Indonesia itu.

Jadi, insyaAllah mulai sekarang aku mau pakai bahasa Indonesia untuk 75% postingan. Nanti 25% bahasa Inggrisnya ada di challenge blog post English Friday dan review-review wisata lokal, kali aja ada bule yang jadi kepingin main ke Indonesia :) Devisa datanglah ke negeriku!

Terlanjur Mengubah Sistem Komentar Jadi Google+ Comment (!!!)

Bulan lalu, aku bingung gimana supaya di kolom Comments bisa me-reply komentar tiap orang langsung di bawah komentar dia. Karena kurang browsing, iseng lah aku nyalakan Google+ Comment. Apalagi baca beberapa reviewnya di forum bule, kayaknya mereka sangat menantikan fitur ini: bisa nyambungin komentar dari Google+.



Awal-awal aku nyalain fitur ini, seneng banget donk. Aku bisa reply komentar tiap orang, jadi ngobrolnya lebih enak. Rasanya lebih interaktif. Apalagi, orang yang komen di g+ku juga otomatis masuk ke komentar di blog. Jadi berasa lebih banyak komen masuk.

Lalu di suatu obrolan, Fika bilang kalau untuk bisa langsung reply itu cukup centang "Embedded" di Dashboard Blogger bagian Comments. Hiyaaa ngapain aku susah-susah aktifin komen g+ yaaa...

Ternyata sodara-sodara, begitu nyoba switch balik ke sistem komentar blogger yang biasa, komen yang masuk di periode 'setelah aku mengaktifkan g+ comments' itu hilang lang lang. Beberapa postinganku yang tadinya udah 20an komen, comments-nya jadi 0 lagi! Syok lah aku! Meskipun ngeblog bukan demi ngejar komen, kan sayang kalau obrolan di kolom komen hilang begitu saja :( Tapi saat aku centang lagi untuk mengaktifkan g+ comment, alhamdulillah komennya balik semua.

Jadi kesimpulannya, no way back after turning on google+ comment =_="
Sedihnya lagi, teman-teman dari blog Wordpress bilang susah banget komen di blogku. Ternyata buat bisa komen di sini harus punya akun g+ >_<

Galau Pengen Pindah Ke Wordpress Atau Tetap di Blogger, Atau Sekalian Beli Domain?

Ternyata tiap kali aku komen di blog temen yang berbasis Wordpress (WP), aku tuh pakai akun WP-ku yang dulu dibuat untuk coba-coba (nggak sadar, karena nggak pernah log out). Pantesaaan kok ada yang follow blog WP-ku padahal nggak ada isinya :)))

Saat nengok akun WP-ku, aku jadi tau kenapa rata-rata blogger WP interaktif banget jawab-jawabin komentar. Sistem komentarnya asik banget! Nggak harus balik buka-buka postingan untuk bisa balas komentar, cukup balas di notifikasi aja (seperti socmed).

Terus, temen-temen ngeblog banyak yang berhijrah ke domain baru. Ya memang apalah aku, blog juga traffic-nya masih segini-gini aja. Tapi ngiler juga dengan domain tanpa embel-embel blogspot :))) lebih mudah diketik, kan?

Tapiiii balik ke poin sebelumnya, aku kan terlanjur ngaktifkan g+ comments ya. Baru aja aku lihat bagian ini di Settings.

Ngoook. Yaweslah tetep di domain blogspot ini. Kalo ganti blog atau ganti domain, hilanglah komen-komen saya, hilanglah jejak jaringan pertemanan yang dibangun pelan-pelan lewat blog >_<

Jadi ini inti postingannya apa? Kalau mau mengubah sistem komen ke g+ silakan dipikir-pikir dulu yaaa :D
*atau komentar g+nya di-capture aja ya buat kenang-kenangan, hahaha niat banget!