Sabtu, 06 Desember 2014

Fashion Design Class with Ria Miranda

Assalamu'alaikum... Sahabat kuliah ngajakin aku ikutan "Fashion Design Class (FDC) with Ria Miranda & ESMOD", yang akhirnya terjadi juga kemarin Sabtu.

Baiklahh berhubung postingan ini diberi tag "fashion" dan "review" maka saya akan (1) posting beberapa foto OOTD saya *maap yaa kalo narsis, lama ga OOTD-an euy* dan (2) review sejujur mungkin berdasarkan opini & sudut pandang saya sendiri. Dan berhubung Ria Miranda orangnya kalem maka tone foto-foto di blog post ini juga dibuat kalem ala-ala Shabby Chic ahahaha...

Acara diadakan di Senayan City Function Hall pukul 10.00, tapi berdasarkan info, pukul 09.30 registrasi sudah dibuka. Kenyataannya, molooor... Pukul 09.30 meja registrasi belum siap. Aku & teman-teman keliling-keliling dulu di sekitaran tempat acara. Acara FDC ini kerjasama dengan Zalora, dan berakhir dengan Trunk Show (fashion show) koleksi terbarunya Ria Miranda.

Mumpung acara belum mulai, foto OOTD di booth Zalora sebelum diisi barang-barang. Lucu amat yakk booth-nya!


Foto pose duduk *penting banget*. Baiklah kita sudahi foto OOTD-nya. BTW dress saya itu dijahit menggunakan batik dari Pekalongan, hasil mudik Lebaran 2014. Motifnya yang aneh geometris nggak seperti batik, bikin saya naksir :p

Akhirnya registrasi dibuka & kami dapat Goodie Bag isinya begini:
Tote bag Zalora, voucher Zalora, voucher Ria Miranda, buku Ria Miranda, Majalah Laiqa, Wardah BB Cream

Lalu kelas desain pun dimulai sekitar pukul 10.30 (atau lebih ya?) karena menunggu peserta yang belum datang. Acara diisi oleh Ria Miranda berduet dengan pengajar ESMOD Jakarta (aduhhh maaff lupa namanya), menjelaskan teori-teori fashion design. Misalnya, jenis-jenis bentuk tubuh (pear, apel, segitiga terbalik, hourglass, rectangle), gaya berbusana (casual, feminine, theatrical, eccentric) dll.

Lalu tiba waktu istirahat makan siang & sholat, dimana para peserta--namanya juga wanita yaa--memanfaatkan waktu buat nyerbu diskonan di booth Ria Miranda :)))

Lunch of the day, nasi kotak, sedap masakannya
Lalu terbentuk antrian foto bareng Ria Miranda. Pasti mau ikutan foto dooonk. Dipikir-pikir jadi seleb berat juga yaaa, kudu ngeladenin orang-orang minta foto. Tapi Ria Miranda-nya tetep ramah & senyumnya tulus banget.

Harusnya aku dandan yaaa biar ga jomplang gini cantiknya T_T
Faiq, my campus friend
Mbak Ghea, teman kerja Faiq, yang juga senior kampus kami
Booth Ria Miranda Living. Unyu jugaa...
Setelah istirahat, dimulai "workshop" sesi kedua. Peserta dibagi-bagi menjadi kelompok isi 5 orang di 1 meja & diberikan tema untuk membuat kolase Moodpict. Panitia menyediakan majalah, lem, gunting & kain perca, terserah peserta mau bikin apa pakai foto yang mana, ditempel kain / motif dari majalah semua boleh. Kelompok kami dapat tema "Glamor".
Lagi asik gunting-gunting tiba-tiba ada pengumuman, "Waktu kurang 15 menit lagi.." Lhoooo sontak semua peserta kaget, kan kita ga tau ya ada batas waktunya. Jadi berasa balapan. Apalagi katanya di akhir acara ada pengumuman 5 moodpict terbaik. Langsung deh tempel-tempel seadanya, hectic!
Hasil karya eike, akibat keseringan liat kolase di Polyvore jadi ala-ala Polyvore deh.
Trus peserta 'dipaksa' tetap tinggal sampai acara show selesai. Jadi kaaaan harusnya workshop ini dimulai pukul 10.00 selesai pukul 14.00 dan peserta dapat free seat untuk nonton Trunk Show Ria Miranda pukul 15.00-17.00. Rencana awalnya selesai nggak selesai mau pulang pk. 4 sore karena kebayang macetnya Jakarta di hari Jumat. Ada pikiran sayang juga kalo gak nonton fashion shownya. Ehh ternyata emang harus nonton, karena pengumuman pemenang kolase & pembagian sertifikatnya setelah fashion show selesai :)))

Ria Miranda mengeluarkan sekitar 50 model baju baru - WOW!
Lalu pengumuman pemenang. Ternyata gak menang :)))) Kayaknya sih yang menang tuh bikin kolase ala desain baju, jadi gambar model diambil dari majalah, lalu ditempel-tempel kain & aksesoris merombak apa yang sudah dipakai si fotomodel.

Kesimpulannya, apa yang didapat di FDC ini?
  • Dapat BBCream & majalah gratis tentunya!
  • Hiburannya banyak, ada booth-booth baju, kue-kue & minuman. Aku beli 1 botol taro milk tea & 2 botol jus cold pressed. Ada juga Photobooth gratis.
  • Kalo buat yang pengen bener-bener belajar fashion design, mending langsung ke sekolah fashion sih... Di kelas ini, waktu 4 jam untuk belajar terasa kurang. Teori-teorinya bisa dibaca dari modul, dan 'workshop' membuat kolasenya, kami dilepas dengan setumpuk bahan tanpa pengarahan yang benar-benar detail. Lalu selesai. Itupun 4 jam banyak terpotong karena ada molor & waktu istirahat.
  • Dengan harga tiket FDC sebesar Rp 500ribu, yahh dibuat pengalaman aja sih... Kalau kelak ada acara sejenis lagi, aku pilih nggak ikutan karena yaa itu tadi... mending ambil design course yang resmi sekalian, lebih banyak dapat ilmunya.
  • Tapi, untuk yang memang suka banget sama Ria Miranda, boleh lah ikut acara ini. Kapan lagi bisa temu langsung & nonton fashion shownya kalau bukan tamu VIP/media/sahabat/keluarganya
Photobooth with Mbak Ika, mantan bos, owner butik di Surabaya (Senior ITS-Tekkim), Faiq (TI ITS), Tia (ITS), mbak Ghea (Senior TI ITS), mbak Anindita (Senior TI ITS yang datang bersama mbak Ika) --- Lhooo jadi reunian ITS :p