Jumat, 26 Desember 2014

4 Alasan Kenapa Nonton Bioskop Sendirian

Buat sebagian orang, nonton bioskop itu asiknya rame-rame. Entah sama pasangan, sama keluarga, atau malah nobar sama teman-teman. Tapi di tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga (tsaaah sibuk apa tho Yak?), aku bisa mencuri waktu nonton di waktu-waktu "hemat". Ya iya kan kalo nonton sama suami harus weekend ya, harga tiketnya mahal (emak-emak pelit).
picture from detik.com
Beberapa hari lalu aku ke bioskop Arion dekat rumah, nonton Supernova sendirian. Murah banget lho di Arion cukup keluar duit Rp 20.000 saja (beda ama harga bioskop di mall-mall besar ya).

Sebagai catatan, aku belum pernah baca novel Supernova. Dan nggak tau isi ceritanya. Karena bukunya tebal banget, sepertinya minat bacaku kurang tinggi (buku tebal yang pernah kubaca sampe tamat cuma Harry Potter, dan... yah Al-Qur'an sudah khatam sih, tapi ini beda cerita yaaa). Makanya pas difilmkan, jadi penasaran, apa sih isi novel yang bikin orang-orang pada ngefans ama Dewi Lestari?

Masuk ke ruang bioskop, Selasa pukul 15.30 sore, uwaaah ternyata bioskop isinya anak kuliahan semua (maklum Arion dekat UNJ). Berasa paling tuwir dah, sendirian pula. Untungnya tempat dudukku kanan kiri kosong, jadi nggak gitu canggung juga hahahaa...

Di awal film Supernova ada adegan-adegan 17 tahun ke atas, lesbian & gay. Ya Allaah... Untung nonton sendirian ga bawa anak kecil (lagian anaknya sapa Yak mau kamu ajak nonton ginian). Trus tiap ada adegan menjurus kegay-gay-an orang sebioskop pada teriak histeris ('kan mereka mahasiswa, sepertinya masih pada lugu-lugu ya).

Aku sendiri kurang bisa paham isi ceritanya. Yaaaa kalo mau memanfaatkan daya khayal sih bisa disambung-sambungin sendiri lah. Tapiii banyak titik cerita yang bikin penasaran! Sampe-sampe aku tulis status di Path dan malah jadi diskusi seru.


Untuuung nonton sendirian, nggak ngajak suami. Bisa ketiduran dia. Atau paling parah, nganggap filmnya 'film nggak jelas' :))) Eh tapi setelah aku browsing di twitter, penikmat novel Supernova banyak menganggap karya film ini brilian lho.

Nah nyambungin ke judul artikel blognya, jadiiii buatku ada beberapa alasan kenapa lebih asik nonton film sendirian:

1. Nggak perlu nunggu ada temen supaya bisa nonton
Kalo tunggu-tungguan sampe ada barengan, filmnya keburu nggak diputar di bioskop cyin. Ujung-ujungnya kudu streaming deh.
2. Kalo filmnya jelek, terhindar dari perasaan nggak enak
Jadi nggak merasa bersalah misal ngajak temen trus ternyata dia gak suka filmnya. Atau pas kita gak seneng nontonnya, kita nggak nyalahin temen yang ngajak. Nonton sendiri merupakan tanggungjawab sendiri! :)))
3. Murah (gak harus bayarin nonton & cemilannya pasangan)
Ini terutama buat orang-orang yang masih pedekate. Belum tentu jadi suami/istri udah ngeluarin duit :p
4. Bisa bebas berekspresi
Alasan utamanya sih iniiii, mau ngakak, nangis, sampe keluar ingus pun ngga ada yang peduli :D Aku sendiri sih baru 2x nonton sendirian. Yang pertama kali, nonton The Fault in Our Stars. Udah siap bawa tisu dan akhirnya puas nangis di bioskop :)))

Kamu suka nonton bioskop sendirian juga? Bikin nagih kan? :D Yang penting nggak horor aja deh kalo aku mahhh...