Selasa, 02 April 2013

A Glimpse of Abu Dhabi

Jum'at adalah hari libur di Uni Emirat Arab. Suami & teman-temannya berencana ke Abu Dhabi untuk lihat-lihat dan nambah list kota yang pernah dikunjungi :D

Tapiii selain para pekerja yang libur, objek wisata & angkutan umum (water taxi, Metro, bis) juga baru beroperasi selepas sholat Jum'at. Jadiii karena salah perhitungan, sebelum sholat Jum'at kami hanya bisa jalan-jalan di sekitar hotel dan naik Abra (untungnya masih beroperasi) untuk mencari masjid.

Selepas sholat Jumat, kami jalan ke terminal bis Al Ghubaiba Dubai untuk naik bis umum ke Abu Dhabi. Udah siang bok, plus perjalanan ke Abu Dhabi makan waktu 3 jam. Berarti, sampai Abu Dhabi sudah sore dan malamnya kudu balik ke Dubai lagi (karena hotelnya kan di Dubai).

Sebenernya ada beberapa objek yang menarik di Abu Dhabi, misalnya Masjid Sheikh Zayed, Ferrari World (theme park-nya Ferrari), museum, souk, dan heritage village. Tapi kami sadar waktu kami terbatassss, jadi kami pilih Masjid Sheikh Zayed. 

Dari terminal bus, naik taxi menuju masjid. And the view is amazing! Masjid Sheikh Zayed merupakan karya seni Islami yang super mewah & megah!



Di masjid ini, turis bisa masuk, dan yang wanita wajib mengenakan jilbab & baju abaya sopan (kerudung ketat-pun nggak boleh ya). Jangan kuatir, ada tempat persewaan jubah & jilbabnya kok.
Kostum: dress hitam unbraded, sepatu olahraga Skechers (maklum kan banyak jalan), kerudung kami idea, rompi: jahit

Masuk ke dalam masjid superluas ini, kaki terasa adem menginjak marmer yang luaaas banget. Lantai marmer itupun sebetulnya karya seni, karena ada mosaik-mosaik gambar bunga yang juga dari marmer. Lihat tembok dan langit-langit juga tak luput dari karya seni.

Chandelier a.k.a lampu kristal raksasa

Eits walaupun sudah sah suami istri, di dalam masjid ini sebenernya dilarang ada showing of affection! Pegangan tangan & nempel2 antara laki-perempuan bisa ditegur sama yang jaga masjid. 




Bisa berjam-jam menikmati ketenangan di masjid ini. Feels so peaceful!

Sayangnya waktu 1 jam kami sudah habis (janjian dengan pak taxi 1 jam dijemput - tanpa ada alat komunikasi, jadi harus bener-bener tepat). Harusnya nunggu sholat maghrib dulu yah T_T
Kami nggak tau masjidnya bakal sebagus ini, harusnya janjiannya 2 jam aja...

Dadaaah masjid Sheikh Zayed...

Tips Berkunjung ke Masjid Sheikh Zayed:
1. Sediakan waktu minimal 2 jam untuk menikmati ketenangan, sholat & berdoa di masjid
2. Tunggu waktu senja, matahari terbenam dan langit berubah oranye. Priceless!
3. Tunggu lagi sampai lampu-lampu masjidnya menyala, ini nih yang aku nggak sempat lihat T___T

Jalan raya di Abu Dhabi: lengang, sepi, mobilnya mewah-mewah...

Setelah itu, sama pak taxi kami diturunkan di Marina Mall, kata pak taxinya sih bagus. Ealah ternyata biasa aja. Cuma keliling bentar, trus kami capcus ngejar bus kembali ke Dubai.

Yasudah di Abu Dhabi yang berkesan cuma ke masjidnya aja deh :D