Senin, 21 Desember 2009

Trip Tips #1: Business Class Train

ENGLISH mode: on

Welcome to my first bilingual article :D
Last Friday I decided to ride Parahyangan train from Cimahi (Bandung) to Surabaya Jakarta. Yeah, the train has no air conditioning. So,
Tips #1: Wear comfy outfit, doesn't mind if it's not fashionable, because it's gonna be sweaty.
Tips #2: Bring extra clothes so you can exchange your sweaty outfit as soon as you arrive at train station.

Poor me (and some other passengers), I bought the ticket on the same date (no reservation). And last Friday was the beginning of long weekend so the train was already full. We should pay for the same holiday price, which is, IDR 30K, but there were no seat available.
Lesson #1: Buying ticket spontaneously is good when you don't really know when you could go (if you afraid to reschedule for extra price), BUT not if you plan a trip on holiday. Buy ticket as soon as possible.

Tips #3: If you have no seat, you can go to train's restaurant (but yesterday it was full of people!) OR you can use newspaper and lend a cushion (IDR 3K) as a seat at any available space.

The rest tips are: Be Happy :D, talk to someone next to you, and enjoy the trip!
As soon as I arrived at Gambir station I exchange my clothes, wash my face, and tadaaaa... sooo fresh! ;)


No seat!


BAHASA INDONESIA mode: on

Selamat datang di artikel bilingual yang pertama di Tealovecoffee :D
Jumat lalu aku memutuskan naik kereta Parahyangan (tanpa AC) dari Cimahi (Bandung) ke Surabaya Jakarta.
Tips #1: Pake baju yang nyaman, gak modis juga gak papa! *soalnya ga ada niat mau tebar pesona hehehe
Tips #2: Bawa baju ganti, karena di perjalanan pasti keringatan!

Ternyata oh ternyata... karena beli tiket dadakan (dan hari libur pula!), kursi di kereta udah pada habis. Daripada ga jadi berangkat, belilah itu tiket dengan harga libur (Rp 30rb), tanpa kursi! Kebayang dong harus berdiri 3 jam. Tapi karena banyak yang senasib, gapapa lah, buat pengalaman :D
Pelajaran #1: Beli tiket dadakan bagus kalo kita gak pasti mau pergi kapan (misalnya masih ada urusan), daripada udah terlanjur beli tapi harus ganti jadwal. Masalahnya KALO pas liburan, sebaiknya rencanakan pembelian tiket dari jauh hari.

Tips #3: Kalo ga dapet kursi, pergilah ke gerbong restorasi (sayangnya waktu itu udah penuh). ATAU, bawa koran & pinjam bantal di kereta (Rp 3rb). Duduklah di tempat kosong antar gerbong.

Tips-tips lainnya: selalu bahagia dengan kondisi apapun, ngobrol dengan orang di samping, dan nikmati perjalanan :D
Sesampainya di Gambir, langsung cuci muka & ganti baju. Segarnyaaa! ^^

15 komentar:

  1. nice tips, but there one tips again namely : prepare coin that many, who knew had the busker strayed he222

    BalasHapus
  2. haha the picture looks so funny when you tap eyes and red lips on it. and thanks for the tip now i know what to do...

    xoxo
    sassy rica

    BalasHapus
  3. Aku komentarnya pake bahasa Bali aja ya
    Beh, kije kal mlali, ing ngelah pes iang
    bayahin nah!

    Terjemahan :
    Mau pergi kemana? saya engga punya duit, bayarin ya..

    he..he

    BalasHapus
  4. Keren banget gambarnya mbak
    aku diajari dong, soto sop begitu

    BalasHapus
  5. Say, dari cimahi ke surabaya, ko sampe-nya di gambir sih? Apa kamu yg salah ketik?

    Btw, kamu ke bandung ga bilang2..
    padahal kan kita bisa ketemuan :(

    BalasHapus
  6. keren banget nih postingan bilingualnya.
    btw, aku terakhir naik kereta mungkin 6 tahun lalu. lama banget yaaa

    BalasHapus
  7. terakhir naek kereta kalo nggak salah gabung sama ayam-ayam deh...hihiihi...mantap gerahnya, mantap pula anginnya (jendelanya bolong :P)

    BalasHapus
  8. @Aulawi: yeah that is sooo right! :D

    @Itik: wow untung komenmu ada terjemahannya ;p
    gambar apa? Bikin mata ma bibir? Wehehe

    @Desi Eria: Bwahahaha iya salah ketik! Harusnya Jakarta! XD iyaaa ga sempet buka blog huhuhu padahal kan bisa kopdar ma blogger Bandung T_T

    @Elsa: sekarang kereta api udah bagus lho (tapi yg eksekutif hehehe)

    @Nyindaa: tengkyuuuww :p

    @Clara: wuidih kok keren kamu naik kereta ma ayam? Tapi masinisnya manusia, kan??? ^o^

    BalasHapus
  9. waah keren ada subtitlenya hohoho... dapet apa aja nih di gedebage? hehehe...

    BalasHapus
  10. Good article, good tips :D

    Bytheway, one more tips : stay away from wearing dark clothes :D soalnya bisa bikin tambah geraaaah :D :D

    BalasHapus
  11. @ Rica: hehe thank you ;)
    @ Caca: iya nih mengasah bahasa Inggris hehe. Di Gedebage beli dress :D
    @ Ghaida: wah kalo gerah pake baju gelap berarti atap keretanya bolong ya :p
    @ Style Bird: thanks! ^^
    @ Lilee: I didn't expect someone think it's cool hehe :p

    BalasHapus
  12. ngasi info nih..
    naek kereta eksekutif murah tu dari Surabaya turun Solo, waktu itu cuma sekitar IDR 80K
    hehehe, nggak nyambung ya?!

    * waktu itu = Agustus 2009

    BalasHapus

Would love to hear your thoughts ;)